Jakarta – Di masa lalu Otolovers tahu tentang mobil Kijang sebagai salah satu mobil legendaris karena tak lekang oleh waktu, mungkin sekarang ada Avanza.

Toyota mengklaim Avanza memang dibuat sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia. Saat membuat Avanza, Toyota tidak sembarangan. Dalam informasi yang diterima detikOto, Toyota masuk ke daerah terpencil untuk mendapatkan informasi akurat tentang mobil yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dari desa ke kota.

Tak lupa Toyota tidak melupakan karakteristik khas orang Indonesia yang menyukai mobil berkapasitas besar untuk mengakomodasi lebih banyak anggota keluarga. Tidaklah sia-sia bagi Toyota untuk menganggap serius mobil yang mendapat julukan jutaan orang itu.

"Ya, saya butuh mobil yang tangguh, bisa mendatangkan banyak orang serta barang seperti pulang ke rumah. Harga jual kembali oke, layanan aftersales yang mudah dijangkau," jelas Executive General Manager PT Toyota Astra Motor. Fransiscus Soerjopranoto ketika ditanya rahasia yang disukai oleh orang Indonesia.

Avanza sendiri telah bertahan hingga 15 tahun. Tidak lagi bertahan, Avanza juga mampu bersaing di posisi teratas meski ada model baru. Dalam data penjualan Gaikindo, Avanza tampaknya tak terkalahkan oleh pendatang baru.

Bahkan jika Anda melihat harganya, Avanza tidak murah. Wuling, misalnya, menawarkan harga yang jauh lebih murah. Antara Wuling dan Avanza ketika Confero pertama kali diluncurkan, bisa berbeda hampir Rp 50 juta. Namun harga yang rendah belum dapat meningkatkan penjualan Confero dan mencocokkan Avanza.

Xpander muncul lagi dengan model yang lebih segar. Mobil MPV terasa SUV. Desain baru yang berbeda menjadi modal yang cukup bagi Xpander untuk menantang Avanza. Ditambah lagi fitur-fitur canggih yang tertanam di dalamnya.

Terbukti, upaya Mitsubishi tidak sia-sia. Banyak orang Indonesia berbaris untuk membeli Xpander ini. Tak tanggung-tanggung, warga yang tertarik juga harus menunggu lama hingga mobil itu bisa diparkir di garasi rumah. Bahkan, tak jarang juga membatalkan pesanannya karena dia tidak bisa menunggu terlalu lama.

Xpander sepanjang 2018 tercatat beberapa kali mampu mengambil alih tahta mobil terlaris di Indonesia dari tangan Avanza. Namun, penjualan Xpander belum stabil. Dua bulan terakhir (Oktober dan November) benar-benar dilewati oleh Avanza.

Dalam beberapa informasi yang bocor di media sosial, Toyota dilaporkan akan merilis Avanza berwajah baru pada awal 2019. Kira-kira jika Avanza berubah apakah akan terus mencapai puncak atau dikalahkan oleh pesaing? (kering / ddn)