Vallelunga – Untuk mendapatkan performa maksimal pada kendaraan dan mempertahankan masa pakainya, pengisian bahan bakar (bahan bakar minyak) harus dipertimbangkan. Itu sebabnya orang Italia enggan menggunakan bensin oktan (RON) di bawah 95.

Hal ini dijelaskan oleh Lamborghini & Pemasaran dan Sponsor, Alessandra Limatola saat menjawab pertanyaan-pertanyaan detikOto di Vallelunga, Italia, Sabtu (17/11/2018).

"Jumlah minimum bensin yang dijual di Italia memang oktan 95. Tetapi jika ada yang menjualnya di bawah ini, saya tidak berpikir pengemudi ingin membelinya. Karena ia menyukai kendaraan. Mereka yang menggunakan RON 95 masih punya masalah, "kata Alessandra. Harap dicatat, bahan bakar yang dijual di wilayah Italia harus memiliki minimum RON 95. Biasanya, pengguna BBM dengan tingkat oktan digunakan oleh mereka yang menggunakan skuter atau mobil mesin kecil.

"Jika mobil kelas menengah kami biasanya mengisi bahan bakar dengan RON 98. Yang menggunakan RON 95 kebanyakan adalah pengguna skuter atau mobil tua dan mesin kecil," katanya.

"Sementara RON di atasnya digunakan untuk balap. Jadi tergantung pada kendaraan apa (dalam pengisian gas). Terkait dengan harganya, BBM RON 95 satu liter adalah sekitar 1,5 Euro," tambah Alessandra.

Pada kesempatan yang sama, Alessandra cukup terkejut karena masih banyak kendaraan di Indonesia yang menggunakan RON 92 dan di bawahnya.

"Saya tidak tahu alasannya, tetapi cukup disayangkan. Kasihan kendaraan itu," katanya. (ruk / kering)