Jakarta – Kendaraan mewah identik dengan sedan. Namun ini tidak berlaku untuk warga Bekasi, Jawa Barat, terutama untuk merek Toyota.

Kepala Bengkel Astrido Toyota Bekasi Andry Bastian mengatakan bahwa orang kaya Bekasi cukup unik. Mereka lebih suka kendaraan Toyota Fortuner besar dibandingkan dengan model sedan.

"Ketika saya berada di Tangerang dulu, orang kaya membeli Camry. Sekarang di Bekasi, ada sangat sedikit seperti itu. Mereka lebih suka Foruner," katanya di Komunitas Indonesia Toyota Calya (KTCI), Bekasi, Jawa Barat, Minggu (27/1/2019).

"Seringkali saya melihat wanita-wanita naik di samping Fortuner," lanjut Andry.

Fenomena ini terjadi karena kontur jalan di daerah Bekasi membuat tidak mungkin membawa sedan. Sehingga jika konsumen Toyota ingin naik kelas, pilihan pertama Fortuner.

"Yah, yeah, jalan di Kalimalang sulit," katanya lagi.

Secara postur, Fortuner yang memang merupakan SUV besar terlihat lebih gagah. Selain itu Fortuner juga mampu menembus semua permukaan jalan tanpa khawatir tentang lubang. Berbeda dengan sedan. Mengendarai sedan harus ekstra hati-hati karena ground clearance mobil rendah.

Salah-salah menggeber mobil di jalan berlubang bukan tidak mungkin mobil itu bisa langsung baret atau lebih buruk lagi bisa merusak beberapa komponen di luar mobil.

Terlepas dari minat orang-orang Bekasi yang kaya, Andry juga menjelaskan bahwa dalam hal penjualan di dealer, Avanza masih menjadi tulang punggung di sana. Diteruskan oleh Calya.

"Semua orang tampaknya bisa membeli Avanza," pungkasnya. (ruk / kering)