Jakarta – Pabrikan mobil mewah asal Jerman, Porsche, ternyata tertarik membawa kendaraan listrik di Indonesia. Sebab, gejolak kelistrikan di sektor otomotif tidak bisa dihindari.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Managing Director Porsche Indonesia, Christoph Choi saat peluncuran All New Porsche Macan di Jakarta pada Kamis (28/3/2019). Namun memang, ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu di Indonesia agar Porsche listrik benar-benar dibawa ke Tanah Air.

"Secara umum, semua orang, termasuk di Indonesia, tertarik pada mobil listrik. Tidak peduli itu Porsche, Tesla, dll. Kita sendiri melihat, akan ada keinginan besar untuk memiliki mobil listrik di masa depan," kata Christoph.

"Kami juga berkomitmen untuk terus mengembangkan dan menuju elektrifikasi kendaraan. Tetapi untuk masuk ke Indonesia, saya tidak tahu kapan karena banyak faktor yang menjadi dasar bagi kami untuk memperkenalkan mobil listrik ke suatu negara," lanjutnya.

Salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh Porsche adalah tentang stasiun pengisian infrastruktur untuk mobil listrik. Yang sekarang sedang dikembangkan oleh berbagai pihak terkait (pemerintah dan industri).

"Ini tentu ada hubungannya dengan pengembangan infrastruktur seperti di Indonesia. Salah satu contohnya adalah stasiun pengisian. Di Indonesia, saya lihat memang sedang mempersiapkannya. Berbagai pihak termasuk pemerintah sedang berusaha membangun stasiun pengisian mobil listrik yang tepat," Christoph kata.

"Jadi, ketika infrastruktur sudah siap, kita akan membahas lagi dengan prinsipal untuk membawa listrik Porsche langsung ke Indonesia," pungkasnya lagi.

Perlu diingat, Porsche adalah salah satu produsen otomotif mewah yang sedang mengembangkan mobil listrik. Secara global, Porsche listrik pertama mereka yang disebut Taycan telah memasuki nomor pesanan mencapai 20.000 unit.

Sebenarnya tidak mengherankan bahwa Porsche Taycan segera diserbu oleh para penggemar mobil cepat Jerman. Sebab, mobil tidak hanya menawarkan kemewahan tetapi juga performa terbaik. Taycan dapat berlari 0-100 km / jam hanya dalam 3,5 detik, dan dapat berlari hingga 311 mil atau 500 km berdasarkan tes Siklus Tes NEDC.

Selain itu, mobil listrik Porsche Taycan juga hanya membutuhkan 4 menit waktu pengisian untuk berlari hingga 100 km. Dikatakan, mobil hanya akan dikirim ke konsumen pada akhir 2019. (ruk / ddn)