Mitsubishi tetap optimis tentang mengambil pasar SMPV.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Mitsubishi Motor Mitsubishi PT Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tetap optimis untuk pasar kendaraan multiguna (SMPV) kecil di tahun 2019. Melalui produk Xpander, tiga perusahaan berlian ini yakin dapat meningkatkan jumlah penjualan di segmen ini.

Direktur Utama MMKSI Naoya Nakamura menjelaskan, memang ada penurunan penjualan Xpander pada akhir tahun lalu. Itu karena kapasitas penuh produk untuk varian transmisi otomatis.

"Varian ini lebih populer dan karena masalah kapasitas produk, ada kekurangan pasokan," katanya dalam pernyataan tertulis.

Kedua, lanjutnya, perusahaan tidak melakukan program diskon pada akhir tahun lalu. Memang, untuk mengatasi tingginya minat konsumen terhadap varian otomatis, perusahaan hanya dapat memberikan diskon untuk varian manual. Dengan begitu, pembelian konsumen dapat ditransfer ke transmisi manual.

Namun, lanjutnya, itu jalan pintas. Bukan cara yang baik, terutama bagi konsumen yang telah membeli Xpander sebelumnya. Begitu juga untuk konsumen yang akan membeli nanti.

"Nilai penjualan kembali akan berkurang ketika ada diskon. Kami tidak meniru kampanye pesaing lain yang memberikan diskon karena akan berdampak buruk pada produk kami," jelasnya.

Meskipun telah turun, MMKSI yakin bahwa penjualan Xpander akan meningkat lagi awal tahun ini. Ini juga dipengaruhi oleh optimisme merek lain yang terus mengembangkan produk di segmen SMPV. "Dengan peluncuran Avanza dan Xenia, segmen SMPV akan naik dan juga menguntungkan Mitsubishi," kata Nakamura.