Jakarta – Produsen mobil Jerman, Volkswagen, memutuskan untuk tidak memproduksi kendaraan bensin lagi pada 2026. Sebaliknya, VW akan fokus pada mobil listrik.

Langkah radikal ini diungkapkan oleh juru bicara Volkswagen, Michael Jost pada konferensi pers seperti dilansir Reuters. Terlepas dari skandal emisi diesel 2015, keputusan VW adalah langkah besar.

"2026 akan menjadi tahun terakhir kami memproduksi mesin pembakaran mobil (berbahan bakar)," katanya.

Sebelumnya, setelah skandal mesin diesel, VW terus membuat mobil bermesin bensin dan bermesin diesel dengan penyesuaian yang lebih ketat. Ini dilakukan untuk memenuhi standar lingkungan. Namun VW merasa ini tidak cukup untuk mengurangi pemanasan global.

Jadi, keputusan radikal dibuat untuk menghentikan sepenuhnya produksi kendaraan bensin atau solar pada tahun 2026. Diharapkan bahwa langkah VW ini dapat mengurangi polusi karbon dioksida secara signifikan dan menemukan efisiensi produksi.

Untuk memenangkan pasar kendaraan listrik, VW telah menyiapkan 44 miliar Euro untuk lima tahun ke depan. Pencairan dana telah disetujui oleh Dewan Komisaris VW. (ruk / kering)