IMX 2020 diadakan offline dan online, disaksikan hanya oleh Nana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi corona mendorong para penyelenggara Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 untuk berinovasi. Ini diimplementasikan melalui penyelenggaraan pameran yang diadakan secara hybrid.

Direktur Proyek IMX Andre Mulyadi mengatakan kegiatan tersebut, yang diadakan pada 10 Oktober 2020, akan menjadi acara otomotif pertama yang diadakan secara online dengan konsep hybrid yang menggabungkan acara offline dan online dan dapat dilihat dari mana saja.

"IMX 2020 akan terus memberikan tahap yang sama yang menghadirkan produk aftermarket terbaru, layanan modifikasi, munculnya mobil modifikasi terbaik di Indonesia. Namun, kali ini, penggemar otomotif dapat menikmatinya secara virtual di mana saja," kata Andre dalam sebuah pers virtual konferensi pada hari Rabu (1/7).

Dia menekankan, terobosan ini merupakan bentuk adaptasi dalam menghadirkan kegiatan yang dapat menjembatani industri modifikasi sambil tetap memperhatikan kesehatan. Meski berubah menjadi hibrida, IMX 2020 tetap mengusung tema "INDONESIAN PRIDE" untuk menyambut optimisme bangkitnya industri modifikasi tanah air meski menghadapi pandemi.

Apalagi dengan pasar sumber daya manusia dan otomotif yang besar, Indonesia harus bisa menjadi salah satu pemain besar di industri penyetelan mobil dunia.

"Di tengah-tengah situasi saat ini kami sedang berusaha menerapkan adaptasi untuk mengadakan IMX 2020. Itu tidak lain sehingga denyut ekonomi, terutama di industri modifikasi dan barang-barang aftermarket, akan terus berlanjut. Intinya adalah untuk tetap dapat berbisnis sambil mengikuti semua protokol kesehatan, "katanya.

Dia juga berjanji, kegiatan ini akan hadir sebagai Spectacular Event Show karena IMX berkolaborasi dengan para pemain acara terbaik dan seniman digital di negara ini. Melalui kolaborasi ini, IMX siap menghadirkan pertunjukan pencahayaan dan pemetaan digital yang dikombinasikan dengan produk modifikasi terbaik.

"IMX akan menyajikan konten program dan visual yang menarik yang akan berlangsung hanya dalam durasi 4 jam. Panggung, pencahayaan, pencitraan digital, dan pertunjukan multimedia dilakukan oleh anak-anak terbaik bangsa sehingga dapat menjadi acara yang luar biasa," katanya .

Dengan membangun platform hybrid di IMX 2020, ia juga percaya ini dapat memberikan kepastian kepada semua pihak yang terlibat tentang potensi yang akan muncul, salah satunya adalah potensi audiens yang diperbesar. Mengingat, dalam acara offline sebelumnya, penonton hanya didominasi oleh pengunjung yang tinggal di Jabodetabek dan Jawa, kemudian IMX hybrid dapat ditonton oleh audiens dari seluruh Indonesia dan bahkan di seluruh dunia.

Direktur Industri Kelautan, Peralatan Transportasi, dan Peralatan Pertahanan Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika juga menganggap ini sebagai terobosan positif. Menurutnya, terobosan ini tentu dapat memicu pertumbuhan industri tanpa harus mengesampingkan protokol kesehatan selama pandemi.

"Kementerian Perindustrian juga bangga dengan kreativitas ini dan selalu mendukung IMX melalui berbagai program seperti persiapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang dimodifikasi. Apalagi dengan konsep hybrid ini, IMX mampu mencapai target yang lebih luas, "Kata Putu.

Menurutnya, semua langkah ini merupakan upaya untuk meningkatkan modifikasi kompetensi SDM dan meningkatkan daya saing industri modifikasi. Diharapkan bahwa di masa depan pengubah di Indonesia dapat menjadi kualitas yang diakui baik secara nasional maupun global.