Surabaya – Pameran modifikasi mobil Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019 hadir di Surabaya. Untuk tahun ini, Surabaya adalah kota pertama yang memiliki kesempatan untuk menjadi tuan rumah.

"Kenapa di Surabaya? Karena animasinya berbeda. Bisa dibilang yang terbesar di Indonesia adalah di Surabaya. Jika mobil ini mungkin karena tempatnya terlalu besar sepertinya. Tahun lalu kami membuat 240 hingga 250 mobil di Pakuwon, ini memiliki menolak karena tempat itu, "Komite Penyelenggara Husna Sugiyama mengatakan kepada AFP di Tunjungan Plaza Surabaya, Minggu (24/3/2019).

Husna menambahkan peserta saat ini mencapai 180 hingga 190 mobil. Dia mengatakan bahwa meskipun jumlahnya telah menurun karena ruang yang terbatas, itu tidak membatasi kreativitas para peserta.

"Total peserta sekitar 180 hingga 190 peserta. Rata-rata berasal dari Indonesia. Baru kemarin ada sekitar 2.000 pengunjung. Targetnya 3.000 hingga 4.000 orang. Kami menargetkan pengunjung Surabaya sebenarnya 7.000," tambah Husna.

Selain itu, Husna menambahkan bahwa acara tersebut ingin menemani dunia modifikasi mobil yang semakin maju.

"Kami sebagai penyelenggara ingin memajukan modifikasi di Indonesia. Kita dapat melihat industri otomotif bergerak maju. Tetapi kami sedang membuat rencana modifikasi ini. Kami ingin menjadikan satu-satunya event organizer yang membuat acara modifikasi terbesar," lanjut Husna.

Tidak hanya menampilkan ratusan mobil modifikasi yang bersaing, kontes ini juga dilengkapi dengan berbagai kontes lainnya. Ada kompetisi DJ, fotografi, dan kontes audio.

"Selain acara ini, ada kontes foto, ada kompetisi DJ, kita semua kota nasional. Kemudian kompetisi audio tepat di atas atap. Kemudian kita memiliki sponsor Daihatsu di sini, ada tantangan dandanan Daihatsu Sekarang mobil-mobil Daihatsu memiliki Xenia terbaik dan lainnya, "lanjutnya.

Kompetisi modifikasi ini juga memperebutkan lebih dari 150 penghargaan atau piala bergengsi. 150 penghargaan ini adalah penghargaan untuk mobil modifikasi yang bersaing dengan berbagai aliran, termasuk kuda-kuda / fitment, balap jalanan, balap, reli, off-road, VIP, anggun, JDM, klasik, retro, eksotik, kinerja, hingga ekstrem.

Sedangkan penilaian modifikasi didasarkan pada kualitas dan kelengkapan modifikasi di delapan sektor yang meliputi Keseluruhan Bangun, Eksterior, Cat, Mesin, Undercarriage, Interior, Audio & Video Mobil, dan Presentasi.

Tidak hanya itu, untuk mengikuti format yang baru saja diperkenalkan tahun lalu, tahun ini sebagian besar penghargaan utama, termasuk gelar King of Automodified, akan dibagi menjadi Pemain dan Tuner.

Kelas Pemain diperuntukkan bagi mobil modifikasi yang lebih banyak dan sebagian besar dimaksudkan untuk dikompetisikan dalam kompetisi mobil modifikasi daripada penggunaan sehari-hari.

Di kelas ini, tidak ada batasan pada sektor mana yang dapat dimodifikasi kecuali untuk pembatasan yang terkandung dalam peraturan umum MBTech IAM. Misalnya, tidak diperbolehkan untuk melakukan perubahan pada angka atau jarak sumbu roda.

Ditambah dengan kelas Pemain, kelas Tuners ditujukan untuk mobil dengan modifikasi non-ekstrim dan masih cukup fungsional untuk penggunaan sehari-hari. Di kelas ini, ada beberapa batasan teknis yang tidak boleh dilewati, misalnya tidak diperbolehkan melakukan konversi tubuh atau mengubah bentuk asli mobil, menghilangkan pilar-pilar struktur mobil, modifikasi pintu dan koper engsel bukaan, dan penggunaan sistem bermotor.

(hil / kering)