Konsumen cenderung tertarik untuk datang ke pameran otomotif sebelum membeli mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak memungkiri bahwa pasar otomotif selama 2019 cenderung menurun di Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), penjualan Toyota pada Januari 2020 adalah 24.151 unit, turun dibandingkan Januari 2019 yang mencapai 25.090 unit.

Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmy Suwandi, ketika ditemui di sela-sela Astra Auto Fest 2020 mengatakan bahwa pameran otomotif adalah salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan. Karena pameran adalah pintu termudah yang terbuka bagi konsumen dan pedagang untuk bertemu.

"Saya rasa ada banyak konsumen yang tertarik dengan pameran ini karena di sini mereka bisa langsung melihat beberapa produk," kata Anton, Rabu (19/2).

Anton menilai, dengan adanya pameran dapat mendorong calon pembeli untuk melakukan transaksi. Karena itu, calon pembeli dapat melihat banyak variasi mobil. Kemudian didukung oleh opsi pembayaran yang mudah.

"Sejauh ini, jika kami tidak menyediakan variasi produk dan layanan, kadang-kadang keputusan (dari konsumen) akan lebih lama dan akhirnya dapat dibeli di waktu atau tempat lain," kata Anton.

Sementara itu, pameran otomotif tahunan Astra Auto Fest secara resmi dibuka mulai hari ini hingga 23 Februari di Astra Biz Center, BSD, Tangerang Selatan, Banten. Astra Auto Fest terbuka gratis untuk umum dengan mendaftar secara online.

sumber: Antara