Acara Eco Ride merupakan kepedulian RORI terhadap lingkungan

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Komunitas Royal Riders Indonesia (RORI) dari berbagai daerah menggelar touring dengan tema “Eco Ride” Sabtu hingga Ahad (20-21/4). Sekitar 45 anggota RORI dari berbagai wilayah berangkat sekitar pukul 06.00 WIB dari Jakarta menuju Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam.

Donny Hendaris sebagai President RORI menyatakan, acara Eco Ride merupakan bentuk kepedulian para bikers RORI terhadap lingkungan. Donny menyatakan, para anggota RORI juga perlu memperoleh edukasi untuk menjaga lingkungan dimulai dari hal kecil.

Ujung Genteng dijadikan tujuan untuk menanam terumbu karang setelah berkonsultasi dengan pihak terkait. Yakni komunitas peduli terumbu karang ujung genteng. “Ternyata isu lingkungan yang lagi urgent di ujung genteng adalah rusaknya terumbu karang akibat penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan,” jelas Donny.

Muhammad Yusuf dari komunitas peduli terumbu karang ujung genteng menyatakan, kerusakan terumbu karang di wilayahnya sudah memprihatinkan. Yusuf mengajak semua pihak yang berkunjung ke Ujung Genteng untuk ikut peduli terhadap isu lingkungan yang ada di wilayahnya.

“Kami selalu mengampanyekan kepada para wisatawan bukan hanya berlibur, tapi juga ikut aktif menjaga lingkungan. Ini untuk keberlangsungan ekosistem laut di sini,” jelas Yusuf.