Pada Juni 2020, penjualan mobil bekas mulai normal kembali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pasar mobil bekas secara perlahan pulih dan diperkirakan akan membaik dalam tiga bulan ke depan setelah mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, menurut data dari platform penjualan mobil bekas OLX.

“Kami optimis pasar mobil bekas akan membaik dalam tiga bulan ke depan, berdasarkan hasil riset kami di whitepaper Pasar Mobil Bekas Indonesia di Era Normal Baru yang baru kami luncurkan, menunjukkan bahwa sebagian besar permintaan penjualan mobil adalah tidak hilang, tapi tertunda. ”ujar Direktur Pemasaran OLX Indonesia Ichmeralda Rachman dalam siaran persnya, Jumat (7/8).

Dilansir dari data OLX Indonesia, rata-rata pencari mobil di platform OLX mengalami penurunan pada penerapan PSBB, April lalu. Namun, pada Juni 2020, penjualan mobil bekas secara bertahap akan kembali normal, yaitu di kisaran 80 persen.

Data menunjukkan, total pencari mobil bekas pada Juni 2020 naik sekitar 6 persen dibandingkan April 2020 saat PSBB diberlakukan. Sementara dari sisi listing mobil bekas di platform OLX.co.id, jumlah listing pada Juni 2020 juga meningkat sekitar 35 persen dibandingkan Mei 2020.

Optimisme pulihnya pasar mobil bekas juga berulang kali diutarakan oleh OLX Autos, platform layanan penjualan mobil online yang merupakan bagian dari OLX Group. Apalagi preferensi konsumen cenderung lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada angkutan umum, hal ini agar lebih mudah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi dengan lebih cermat. Pelanggan juga cenderung memilih mobil bekas karena adanya realokasi dana untuk kepentingan lain di new ini. era normal, "kata Ichmeralda.

Melihat minat publik yang meningkat secara bertahap di pasar mobil bekas serta merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus, OLX Autos juga mengadakan Program Auto Cashback sebesar Rp 1,7 juta. Program Auto Cashback 1,7 juta ini berlaku khusus bagi konsumen yang menjual mobilnya pada periode 6-20 Agustus 2020 melalui pusat inspeksi dan inspeksi rumah OLX Autos yang tersebar di 7 kota yaitu Jabodetabek, Bandung, Medan, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Bali, "katanya.

Ia menambahkan, program tersebut langsung diberikan untuk setiap penjualan mobil di OLX Autos pada periode tersebut dengan minimal transaksi Rp 100 juta. Selain itu, seluruh konsumen yang telah menjual mobilnya melalui OLX Autos juga berkesempatan mendapatkan Auto Cashback sebesar Rp 1,7 juta dengan memberikan testimoni dan mengunggah di akun Facebook dan / atau Instagram masing-masing, serta memberikan tagar # auto17an. Lima pemenang akan dipilih setiap minggunya berdasarkan konten testimoni paling menarik.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat semakin memacu minat konsumen terhadap pasar mobil bekas dan semakin mendorong pemulihan pasar mobil bekas ke arah yang lebih baik,” kata Ichmeralda.

sumber: Antara