Jakarta –

Bisa dibilang Toyota sudah menguasai pasar otomotif di bumi ini. Menyadari posisi tersebut, tampaknya Toyota siap membuka pasar baru dengan menyiapkan mobil luar angkasa.

Bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Toyota mulai meneliti teknologi mobil sel bahan bakar di bulan. Mobil ini nantinya akan menjadi armada JAXA dalam penjelajahannya di bulan.

Toyota siap masuk ke 'pasar' di bulan Foto: Toyota

Toyota menamai kapal penjelajah bulan ini Lunar Cruiser, terdengar mirip dengan SUV andalan Land Cruiser. Lunar Cruiser tentunya berukuran besar dan mampu melewati berbagai medan aneh di luar angkasa.

Lunar Cruiser saat ini sedang dalam pengembangan. SUV bulan ini sudah pasti menjadi kendaraan yang bisa dinaiki astronot. Mengingat lingkungan keras yang akan dihadapi tim eksplorasi Jepang di bulan, kolaborasi ini ingin memastikan kualitas, daya tahan, dan keandalan mobil ini dengan mengusung semangat "Saya pasti akan pulang."

Toyota siap masuk ke 'pasar' di bulan Foto: Toyota

JAXA dan Toyota sudah menetapkan itinerary Lunar Cruiser untuk dekade ini. Tahun ini, simulasi berkendara akan dilakukan untuk memastikan performa tenaga dan pembuangan panas serta uji produksi ban dan penataan interior.

Pada 2024, tim akan mulai merekayasa dan merancang mobil luar angkasa yang siap produksi. Setelah itu pada tahun 2029 mobil ini akan diperkenalkan secara resmi ke publik sebelum pada tahun 2030 nanti akan bertempur di bulan.

Dilihat dari foto-foto yang menyertai siaran persnya, Lunar Cruiser terlihat menjanjikan dengan 6 ban berukuran besar. Terlihat juga bahwa fungsi mobil dapat memanfaatkan panel surya untuk menangkap sinar matahari yang nantinya akan diubah menjadi sumber energi.

Tonton Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)