Jakarta – Dunia sudah mulai memasuki era kendaraan listrik. Jika sebelumnya berbagai mobil listrik diluncurkan oleh berbagai produsen, sekarang giliran motor bertenaga listrik untuk pamer.

Sebagai contoh, Honda baru saja merilis PCX Electric yang bertenaga listrik di Jepang. Untuk sementara sepeda motor ini terbatas pada pasar domestik Jepang saja dan untuk kelompok-kelompok tertentu mulai dari perusahaan ke kalangan pemerintah.

Tidak banyak, hanya 250 unit PCX Electric yang diproduksi di Jepang dalam setahun. Setelah Jepang, PCX Electric akan menargetkan artikel ASEAN mulai dari Filipina. PCX Electric sendiri telah dipamerkan di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) pada awal November 2018. Jika nanti masuk ke Indonesia motor ini akan menantang Viar Q1 ke Gesits yang dikabarkan akan di-paving pada awal 2019.

Infrastruktur yang tidak memadai membuat jarak perjalanan menjadi perhatian tersendiri bagi calon pembeli sepeda motor. Tentu saja motor yang dapat mencapai daya jelajah terjauh mendapat nilai tambah untuk sepeda motor. Pertimbangannya adalah bahwa pengemudi tidak perlu repot-repot berhenti karena kehabisan baterai.

Setelah cukup, motor dapat menjelajah jarak yang cukup jauh. Para pabrikan tentu mengklaim sepeda bisa berkeliaran jauh sesuai dengan hasil pengujian itu sendiri. Jadi di antara ketiganya, mana yang paling lama dalam satu kali isi ulang?

Mengutip halaman resmi Honda, PCX Electric dilengkapi dengan baterai lithium ion dengan kapasitas 20.8Ahx2. Dengan baterai ini, jarak tempuh PCX Electric adalah yang terpendek dibandingkan dengan Viar Q1 dan Gesits. Sesuai dengan laporan Honda ke Kementerian Tanah, Infrastruktur, dan Transportasi Jepang, yaitu 41 km dengan kecepatan konstan 60 km / jam.

Dilengkapi dengan baterai lithium ion dengan kapasitas 2 kWh dengan daya 800 watt, Viar Q1 daya jelajah diklaim mampu menempuh jarak 60 km. Butuh 5-7 jam untuk sekali memeriksa Viar Q1.

Kekuatan jelajah Viar masih jauh di belakang motor listrik bangsa Gesit. Setelah melakukan banyak uji coba, Gesits mengklaim sepeda ini mampu menjelajahi 80-100 km dalam sekali pengisian selama 1,5 hingga 3 jam. Gesit dilengkapi dengan baterai lithium ion dengan kapasitas 1,98 kWh. (kering / ddn)