Perlombaan dibagi menjadi tiga kelas mulai dari kelas 200cc, 250cc dan 390cc.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Pecinta sepeda motor KTM kembali mengadakan balapan di Sirkuit Sentul. Sejumlah penggemar KTM di Indonesia ingin membuktikan sendiri keandalan produk-produk pabrikan Austria.

Untuk membuktikannya, kombinasi sejumlah komunitas motor KTM di Jakarta dan sekitarnya juga menggelar lomba seru di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, yang dikemas dalam kegiatan one make race (OMR) RCD. Sekretaris OMR RCD, Herman Suherman mengatakan, lomba diikuti oleh pengguna dari berbagai varian produk KTM seperti RC dan Duke.

"Perlombaan dibagi menjadi tiga kelas mulai dari kelas 200cc, 250cc, dan 390cc. Total ada delapan seri dan diikuti oleh 27 peserta," kata Herman saat ditemui di seri pertama OMR RCD di Sirkuit Sentul, Minggu (26/1) ).

Rata-rata, peserta dalam lomba ini adalah pembalap KTM berusia 20 hingga 30 tahun. Selain itu, ada juga peserta yang masih berusia 17 tahun. Menurutnya, mayoritas adalah pengguna KTM yang menggunakan satu motor pada satu waktu untuk sehari-hari, tur dan balap.

Tapi, ada juga beberapa peserta yang memang menyiapkan beberapa sepeda motor yang khusus digunakan untuk balap. Dia juga mengatakan, beberapa perubahan dilakukan pada sepeda motor peserta untuk memberikan kinerja yang optimal.

Beberapa perubahan yang paling umum adalah penggantian sistem pembuangan, pengaturan sistem bahan bakar yang terkomputerisasi, dan semir porting pada bagian dalam ruang bakar.

"Setiap peserta memiliki bengkel sendiri sehingga sepeda motor telah dipersiapkan untuk berjalan secara optimal. Untuk teknik balap, ada beberapa peserta yang memiliki pengalaman di lintasan sehingga mereka dapat berbagi pengetahuan dalam kegiatan ini juga," katanya.

Ia juga mengatakan, lomba ini merupakan agenda rutin yang telah diadakan sejak 2018. Awalnya, kegiatan ini merupakan inisiatif pecinta KTM. Kemudian, kasus ini mulai didukung oleh KTM Indonesia mulai akhir tahun lalu.

Menurutnya, KTM memberikan dukungan melalui penyediaan peralatan balap dan bantuan dengan biaya pendaftaran mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu per peserta.

Perwakilan KTM Indonesia, Effendy Hidayat mengatakan, dukungan ini diberikan agar dapat mendukung kegiatan pecinta sepeda motor KTM. Melalui dukungan ini, lanjutnya, KTM juga ingin memperkenalkan merek dan produk KTM kepada publik.

"Produk KTM memang dirancang untuk balap. Melalui ajang balap ini, ini juga akan menjadi sarana pembuktian bahwa produk KTM adalah produk yang siap berlomba," kata Effendy.