Jakarta –

[Gambas:Video 20detik]

Motor listrik yang dibuat oleh anak-anak bangsa itu, Gesits, disebut siap untuk produksi massal. Namun, hingga kini peluncuran Gesit belum terlaksana.

Gesits awalnya direncanakan untuk diluncurkan pada 17 Agustus 2018. Namun, peluncuran sepeda motor listrik yang dikembangkan oleh Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan beberapa pihak lainnya ditunda pada bulan September 2018. Pada bulan September 2018, sepeda motor listrik yang bernama Garansindo Electric Scooter ITS belum diluncurkan. Hingga kini peluncuran Gesit belum dilakukan.

Pagi ini, para Gesit bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Presiden, Jakarta Pusat. Pertemuan berlangsung pukul 09.30 WIB di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Sidang membahas persiapan produksi massal sepeda motor listrik Gesit.

Setelah bertemu Presiden, Kanselir ITS Joni Hermana, mengatakan Gesits akan diluncurkan mulai Januari 2019.

"Januari. Presiden berencana meluncurkan pada Januari," kata Joni di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, di dalam istana ketika bertemu Jokowi Gesits mendapat dukungan dari orang nomor satu di Indonesia.

"Intinya adalah Presiden sangat mendukung, menginginkan bahwa Januari untuk meluncurkan ini sebagai produk yang siap untuk dijual," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Gesits Technologies Indo Zaki Nahdi Saleh mengatakan bahwa pihaknya telah menerima pesanan dari sepeda motor listrik Gesits. Bahkan, motor ini belum diluncurkan.

"Dari sisi pasar kami sudah melakukan pre-order. Hingga 30 ribu. Ini belum dipublikasikan," kata Zaki.

Gesit motor listrik juga dibawa ke Istana Kepresidenan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencoba motor listrik Gesit di pelataran Istana. Setelah pengujian, Jokowi mengatakan bahwa sepeda motor listrik anak bangsa bisa bersaing dengan sepeda motor konvensional lainnya.

"Ini adalah ketika saya memproduksinya terlebih dahulu, saya akan membeli 100, serius!" Kata Jokowi.

(rgr / ddn)