Produk Seltos ditargetkan terjual 25 unit per bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – KIA baru saja meluncurkan kendaraan SUV terbarunya, KIA Seltos yang semuanya baru. Manajer Operasional PT Siloam Motor, dealer utama KIA Bandung, Vincent Leonard TJ, optimis bahwa produk ini dapat diserap oleh pasar Jawa Barat, melihat potensi pasar yang besar dan fitur hemat bahan bakar untuk kendaraan di kelasnya.

"Menargetkan 25 produk seltos terjual per bulan atau sekitar 250 unit pada akhir 2020," kata Vincent kepada wartawan, Selasa (18/2).

Sebelum diluncurkan, Seltos telah menerima pivot hingga puluhan unit. Ia memprediksi, itu akan terus meningkat. "Kami sangat yakin, produk ini akan diserap pasar. Apalagi pasar di Jawa Barat untuk kelas SUV diprediksi membaik," kata Vincent.

Kepala Divisi Pemasaran & Pengembangan PT Kreta Indo Arta (KIA) Ario Soerjo meyakini, KIA Seltos dapat mencatat penjualan yang cukup baik di Jawa Barat. "Kami sangat optimis melalui produk ini. Apalagi nilai dan fiturnya bagus. Mungkin pasar mobil memang stagnan, tapi kami punya barang bagus dan segar. Kami berharap bisa mendapatkan konsumen lama dan baru," katanya.

Salah satu upaya untuk menembus pasar Jawa Barat, katanya, adalah mengadakan pameran di Mal Paris Van Java (PVJ). KIA Seltos hadir di mal ini, untuk menargetkan milenium Bandung. Produk ini dijual dengan biaya Rp. 299 juta hingga Rp. 355 juta untuk tiga jenis.

Perencanaan Produk PT KIA Harry Yanto mengakui, SUV ini hadir dengan mesin 1.353 CC, 16 katup dengan sistem pasokan bahan bakar injeksi langsung sehingga menghemat bahan bakar dan emisi gas buang yang baik. Seltos juga menggunakan biaya turbo E-WG. Sehingga menghasilkan tenaga mesin 140 PS pada 6.000 torsi.

"Konsumsi bahan bakar Seltos cukup efisien. Hasil tes di India, 1 liter untuk bisa menempuh 16 km. Tapi kami melakukan tes sendiri, dari Jakarta-Bandung menggunakan tol dengan kecepatan stagnan 80 km per jam, konsumsi bisa 1 liter untuk 18,8 km, "jelasnya.