Jakarta –

Toyota baru-baru ini meluncurkan mobil bernama Toyota Urban Cruiser di pasar otomotif India. SUV kompak ini merupakan kembaran dari Suzuki Vitara Brezza.

Seperti diketahui, Toyota dan Suzuki pernah menjalin kerja sama. Salah satunya dengan menghadirkan pertukaran produk antara kedua pabrikan Jepang tersebut. Di India, Suzuki sangat kuat, sehingga Toyota berharap bisa bersaing di negara tersebut dengan menggandeng Suzuki.

Toyota Urban Cruiser, yang berbasis pada Suzuki Vitara Brezza, merupakan model kedua Toyota yang mengambil basis mobil Suzuki. Sebelumnya, Toyota Glanza diluncurkan tahun lalu, hatchback rebadge dari Suzuki Baleno di India.

Kembali pada Urban Cruiser, mobil ini terlihat sangat identik dengan Suzuki Vitara Brezza. Meski begitu, Urban Cruiser menampilkan wajah yang berbeda, mengingatkan pada Toyota Fortuner yang memiliki dimensi lebih besar.

Toyota Urban Cruiser Foto: Dok. Toyota

Perbedaan dari Suzuki Vitara Brezza antara lain gril depan lebih besar dengan bilah ganda dan dibagian fog lamp trapesium yang lebih menonjol.

Tidak seperti Brezza, bagian bawah mobil yang lebih gelap menciptakan aliran yang jelas ke arah bodi samping. Ada semacam skid plate silver yang mencerminkan ketangguhan sebuah SUV.

Toyota Urban Cruiser dilengkapi dengan pelek 16 inci. Lampu depan LED sama dengan Suzuki Vitara Brezza.

Di bagian dalam, Toyota Urban Cruiser hampir identik dengan Brezza. Terdapat fitur keyless engine start, AC otomatis, cruise control, spion elektrik dan head unit layar sentuh dengan dukungan Android Auto dan Apple CarPlay.

Toyota Urban Cruiser Foto: Dok. Toyota

Di bawah kapnya, terdapat mesin bensin empat silinder 1.5 liter seri K, yang merupakan unit K15B seperti yang digunakan di Brezza. Toyota belum memberikan spesifikasi detailnya, namun mesin pada model Suzuki Brezza memiliki tenaga maksimal hingga 103 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm.

Untuk Toyota Urban Cruiser yang dibekali transmisi otomatis empat percepatan, mesinnya juga didukung dengan sistem light hybrid. Sistem terdiri dari generator starter dan baterai lithium-ion. Sistem hybrid ringan diklaim dapat membantu meningkatkan torsi, pengereman regeneratif, dan start-stop idle.

Pilihan transmisi lainnya adalah manual lima kecepatan. Namun, Urban Cruiser versi manual tidak dilengkapi dengan teknologi light hybrid.

Toyota belum merilis harga resmi Urban Cruiser ini. Namun, pelanggan di India dapat melakukan pemesanan dengan biaya pemesanan 11.000 rupee (Rp 2 juta).

Tonton video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lth)