Jakarta – Merawat moge (motor besar) seperti Harley-Davidson tentu berbeda dengan cara merawat sepeda motor sehari-hari pada umumnya. Bahkan perawatan Harley-Davidson dapat disamakan dengan perawatan mobil.

"Ya, perawatannya hampir sama dengan perawatan mobil," jelas Kepala Sekolah Dealer Elang Harley-Davidson dari Jakarta, Sahat Manalu.

Mengapa sama dengan perawatan mobil? Karena perawatan Harley-Davidson memiliki interval perawatan yang cukup panjang.

"Layanan pertama Harley-Davidson berada di 1.600 km. Kemudian 5.000 km, 10.000 km, dll. Sepeda motor besar seperti Harley ini tidak digunakan setiap hari, sehingga interval perawatannya bisa lebih lama. Dua tahun belum tentu mencapai 10.000 km Jadi lihat mana yang tercapai dulu, km atau bulan, "sambung Sahat.

Tidak hanya interval perawatannya yang cukup lama, ada juga komponen pengganti yang identik dengan penggantian komponen mobil.

Misalnya untuk pelumas mesin, Moge Harley saat mengganti oli mesin membutuhkan 3,5 liter hingga 4 liter pelumas, dengan kisaran harga Rp 146 ribu per liter.

Di luar itu, perawatan Harley umumnya sama dengan sepeda motor cc kecil. "Sama seperti perawatan motor lainnya. Yang perlu mengganti rutin adalah tune up, bersihkan filter udara, ganti oli, dll. Ada juga suku cadang yang berubah karena waktu sudah mati. Seperti plat kopling misalnya, "kata Ficky ​​Rhoma Irama, dari klub Big Motor Indonesia (MBI) Bogor. (lua / lth)