Jakarta –

Pengguna sepeda saat pandemi COVID-19 mulai ramai. Saat akhir pekan, sekedar untuk berolahraga atau di hari biasa ke kantor, banyak orang menggunakan sepeda. Tapi, kami melihat lebih banyak penggunaan sepeda di akhir pekan untuk sekedar berolahraga.

Kementerian Perhubungan saat ini sedang menyusun regulasi terkait keselamatan pengendara sepeda. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi saat ini sedang menyusun Peraturan Menteri Perhubungan tentang sepeda untuk kendaraan seperti skuter listrik.

“Memang kita harus mengakomodir berbagai kepentingan, tidak hanya aspek keselamatan saja. Jadi ke depan, Menteri Perhubungan sudah membuat regulasi nama terkait pengendara sepeda, juga untuk perangkat seluler pribadi,” kata Budi dalam webinar bertajuk "Transportasi. To Knit Diversity "yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kementerian Perhubungan, Rabu (19/8/2020).

Menyusul perkembangan moda transportasi darat, Kementerian Perhubungan juga menyusun regulasi. Untuk sepeda, Budi berharap sepeda tidak hanya digunakan di akhir pekan, tapi juga mendukung aktivitas sehari-hari.

“Kedepannya terkait masalah sepeda, saya rasa kami sangat berkomitmen. Kedepannya kami berharap sepeda akan mewarnai lebih banyak penggunanya dibandingkan sekarang,” ujarnya.

“Selain jumlah, bisa juga dipakai. Sekarang ini banyak sepeda untuk kepentingan ucap masyarakat, untuk kesibukan dan sebagainya. Kedepannya kami harapkan bisa menunjang kegiatan sehari-hari. Pergi sekolah, belanja dan seterusnya pakai sepeda, ”kata Budi.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Harya S. Dillon menilai fasilitas penunjang pejalan kaki dan pengendara sepeda juga perlu ditingkatkan. Hal ini agar masyarakat dapat memanfaatkan moda transportasi ramah lingkungan untuk menuju halte / stasiun dan dari halte / stasiun bus ke tempat tujuan.

“Itu yang menurut saya perlu dibenahi yaitu mengutamakan transportasi tidak bermotor. Fasilitas pejalan kaki, fasilitas bersepeda paling penting sebagai kilometer awal dan akhir, karena tidak semua rumah kita langsung di atas stasiun atau kantor. tepat di atas stasiun, untuk menuju stasiun kami. Diperlukan panduan moda. Dan yang paling lestari, paling ramah lingkungan, dan paling adil adalah mengutamakan fasilitas pejalan kaki dan pengendara sepeda, "kata Harya di kesempatan yang sama.

Tonton Video "Suka Bersepeda? Sederet Aplikasi Ini Dapat Membantu Anda"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)