Jakarta – Kehadiran Toyota Avanza generasi terbaru semakin banyak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya baik Toyota dan Daihatsu sebagai Agen Pemegang Merek masih menyimpan informasi yang ketat.

Meski begitu, keran pemesanan New Avanza 2019 sudah mulai dibuka. Sistem dengan konsumen dapat memesan di muka dengan menyerahkan lebih dari Rp5 juta.

"Kami sudah membuka pesanan sejak beberapa waktu lalu, menyerahkan uang pemesanan Rp5 juta, kemudian sisanya dibayarkan setelah mobil itu sampai ke tangan konsumen," kata seorang tenaga penjual di sebuah Toyota, dealer resmi Depok. Daihatsu Xenia 2019 Foto: Doc. Khusus

Tenaga penjual juga mulai membocorkan peluncuran Avanza pada 2019. Kata wiraniaga yang tidak mau disebutkan namanya, Avanza akan meluncurkan dengan model barunya pada 15 Januari 2019.

"Ya, rencana untuk meluncurkan Avanza secara bersamaan akan diadakan pada 15 Januari, pertengahan bulan," kata wanita itu.

Selanjutnya, setelah memberikan uang pemesanan, konsumen akan dihubungi lagi ketika mobil sudah sampai di dealer. Namun dia mengatakan sudah pasti bahwa pesanan yang dibuat tidak akan berputar sekarang.

"Unitnya sudah siap, bulan ini juga sudah sampai ke tangan konsumen, memang untuk saat ini belum ada dealer karena belum diluncurkan," katanya. Bagi mereka yang ingin membayar dengan mencicil, ia mengatakan bahwa Uang Muka dibayar setidaknya 20 persen dari harga jual mobil.

Secara desain, Avanza 2019 memang telah berubah. Namun dari sisi mesin, Toyota masih mempertahankannya. Dalam model Avanza 2019, mesin 1.500cc sudah dalam model Veloz. Mengenai penggerak roda, meskipun banyak produsen mobil mulai menggunakan sistem penggerak depan seperti Mobilio dan Xpander, Toyota belum dipindahkan. (riar / lth)