Jakarta – Hujan rutin mulai turun di sebagian besar wilayah Jabodetabek. Mau tidak mau, kita harus menjalani aktivitas di tengah percikan dan genangan air.

Nah, khusus untuk pengendara ada tips khusus ketika melewati genangan air. Ketika pengemudi harus melewati banjir, cobalah untuk tidak mengangkat kaki dan tetap di atas kaki.

"Tidak diperbolehkan (mengangkat kaki) karena akan membuat motor kehilangan keseimbangan, sehingga pengemudi mudah kehilangan kendali," kata Instruktur dan Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, beberapa waktu lalu.

Mengapa pengendara bisa kehilangan kendali? Karena dengan mengangkat kaki, titik gravitasi pengemudi akan bergerak, sedangkan motor yang melewati genangan air harus tetap stabil ketika melewati rintangan.

"Ketika kaki diangkat dari langkah kaki, titik gravitasi jauh dari permukaan dan titik gravitasi bergerak ke pantat pengemudi. Jadi sepeda motor tidak seimbang," jelas Jusri.

Nah, agar pengendara tetap bisa menabrak banjir atau genangan air dengan aman, sebaiknya menggunakan alat tadah hujan. Contohnya seperti mantel hujan dan mantel sepatu. (lua / lth)