Jakarta – Pengendara sepeda motor besar (moge) biasanya identik dengan motor bermesin besar yang dibalut knalpot dan percepatan yang sedang booming. Tidak jarang karena itu pengguna MOGE mendapat cap arogan di mata publik.

Namun, ternyata ada alasan Anda tahu mengapa moge harus digerakkan dalam kecepatan tinggi, terutama sepeda motor yang tidak memiliki sistem pendingin radiator.

Salah satu anggota Great Motor Indonesia (MBI) Judo tidak menolak stigma negatif masyarakat. Dia mengungkapkan alasan mengapa blog yang tidak menggunakan radiator seperti model Harley klasik harus diluncurkan.

detikOto diberi kesempatan untuk naik bersamanya. Ketika melintas di tengah jalan raya Bekasi Kalimalang, tiba-tiba sepeda motor itu mati karena terlalu panas.

"Mengapa terlalu panas, tentu saja, terlalu panas, kebetulan bahwa kita menggunakan ini adalah Harley yang produk Amerikanya mempertahankan tipe klasik, di mana jenis ini tidak menggunakan radiator, tidak ada Harley yang menggunakan radiator? Jawabannya adalah ada tipe lain yang tidak tipe tur, "kata Yudo

Dia kemudian mengatakan bahwa suhu mesin akan turun lagi jika mendapat embusan angin kencang. Jadi, moge seperti Harley sering diundang untuk mempercepat untuk mendapatkan asupan pendingin angin yang baik sehingga tidak terlalu panas.

"Mengapa harus kecepatan tinggi Harley, karena pendingin utama adalah udara, jika tidak ada udara dia harus terlalu panas, perlahan-lahan ini terlalu panas sehingga jika jalan ditarik ketat dan sebagainya, orang lain akan terlihat dengan suara nyaring seperti arogan, tapi faktanya bukan karena arogan tapi butuh udara untuk mendinginkan mesin, "kata pria ramah ini.

Indonesian Big Motor Club (MBI) sendiri ingin menjadi pelopor dalam keselamatan lalu lintas dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya. Dalam pengamatan detikOto, sepanjang perjalanan dari Raden Inten ke titik akhir di Cikarang, tidak ada anggota anggota MBI yang melanggar lalu lintas, menggunakan strobo, atau menerobos lampu lalu lintas. Ini layak untuk dikopi bagi pengendara sepeda motor lainnya, Otolovers. (riar / rgr)