Jakarta – Kecintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap sepeda motor modifikasi bukan lagi rahasia. Selama masa jabatannya sebagai Presiden Jokowi secara terbuka memiliki dua sepeda motor yang dimodifikasi. Beberapa kali Jokowi mengendarai sepeda motornya saat melakukan kunjungan kerja.

Ketertarikan Jokowi pada sepeda motor khusus tak terhindarkan juga mendorong kreativitas dan penggemar modifikasi roda dua di Indonesia. Ini membuat modifikasi mobil juga berharap bahwa Jokowi akan memperhatikan sehingga hobi dan bisnis dapat terus hidup di Indonesia.

"Jika kita tahu bahwa mobil belum terdengar, mungkin dia suka modifikasi sepeda motor. Semoga mobil yang dimodifikasi juga akan dilirik karena mereka berdua memajukan industri otomotif di Indonesia, terutama modifikasi," kata CEO PT HIN Promosindo, Reza Aliwarga ketika ditemui setelah konferensi pers Indonesia Automodified (IAM) 2019 di Kebayoran baru, Jakarta Selatan (03/12/2019).

Seperti yang dilakukan oleh beberapa acara otomotif beberapa waktu lalu yang mengundang Jokowi untuk hadir, IAM sendiri tidak berpikir untuk mengundang orang nomor satu ke acara mereka. Kehidupan Jokowi yang sibuk sebagai presiden dan rangkaian panjang acara IAM menjadi alasannya.

"Saya belum tahu, saya belum pernah memikirkannya. Mungkin kita lebih merupakan acara road show dan mungkin sulit untuk jadwal yang akan datang," kata Reza.

Namun demikian, Reza cukup senang ketika Jokowi hadir di Indonesia International Motor Show pada tahun 2018 di mana IAM juga menjadi bagian dari acara tersebut. "Tahun lalu kami juga berada di IIMS 2018 ketika Pak Jokowi datang meskipun ia tidak secara langsung hadir di IAM," simpul Reza. (rip / rgr)