Jakarta –

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menantang para modifikator untuk merombak penampilan motor listrik roda tiga. Dalam seri Indonesia Modification Expo (IMX), Gelis motor listrik roda tiga atau Electric Wheelbarrow akan dirombak.

Menurut Direktur Proyek IMX, Andre Mulyadi, motor roda tiga listrik Gelis akan dimodifikasi oleh tiga pengubah teratas dalam Kompetisi Tuner Gelis. Mereka yang akan bersaing dengan kreativitas merombak Gerobak Listrik adalah Yomin Sugianto, dari Yoong Motor Indonesia, Aldhy Rais dari Roda HSR, dan Marco Chendra dari Pemilik Raptor Indonesia.

Pengubah Ditantang oleh Merombak Tampilan Motor Listrik Roda Tiga Foto: Doc. Expo Modifikasi Indonesia

"Kami sangat yakin bahwa motor roda tiga dasar ini akan berubah menjadi sepeda motor roda tiga yang menarik dan akan disurvei di IMX tahun ini," kata Andre dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (17/7/2020).

Andre mengatakan, sebelumnya pihaknya telah membuka kontes modifier yang cocok untuk diadu karena kreativitasnya dalam meracik modifikasi sepeda motor roda tiga. Motor listrik roda tiga akan dimodifikasi sehingga harus bermanfaat dan menginspirasi dari sisi bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sebab, motor listrik Gelis yang sesungguhnya memang dipasarkan untuk kegiatan bisnis UKM.

Pengubah Ditantang oleh Merombak Tampilan Motor Listrik Roda Tiga Foto: Doc. Expo Modifikasi Indonesia

"Kami benar-benar menghargai talenta anak-anak bangsa kami. Di dalam kami melakukan acara ini, ada sejumlah kriteria untuk penilaian, salah satunya adalah bagaimana talenta ini mengubah kendaraan listrik 100% menjadi menarik bagi orang-orang lokal kebijaksanaan, "kata Putu Juli Ardika, Direktur Industri Kelautan, Transportasi dan Peralatan Pertahanan, Direktur Jenderal ILMATE, Kementerian Perindustrian, pada kesempatan yang sama.

Ary Tjahyono sebagai Chief Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (SPI), yang memasarkan Gelis, mengatakan Gelis atau Kereta Listrik dibuat sebagai kendaraan komersial berdasarkan listrik yang terbarukan. Kendaraan ini ramah lingkungan, mudah digunakan, dan tidak memerlukan perhatian khusus dalam hal perawatan.

"Penciptaan GELIS didorong oleh keinginan dan harapan kami untuk dapat membantu pedagang UMKM meningkatkan tingkat ekonomi mereka dengan mobilitas yang lebih luas, karena mereka tidak perlu lagi mendorong kereta dengan kekuatan mereka sendiri," kata Ary.

Ketiga modifikator tersebut telah menerima motor listrik jenis motor Gelis 800W DC beberapa waktu lalu termasuk Rp. 15 juta tunai yang merupakan nilai modifikasi yang harus dikerjakan. Nantinya, tiga karya modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis akan diluncurkan di Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 – Hybrid Event, 10 Oktober. Tiga modifikator yang mengubah penampilan Gelis akan bersaing untuk kategori bergengsi, Menteri Perindustrian RI.

Lihat video "Acara Modifikasi Motor yang Penuh, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)