Dengan digital, Daihatsu membatasi interaksi dengan penjual, penjualan, dan konsumen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Industri otomotif dalam negeri memiliki strategi khusus untuk menghadapi penjualan yang lesu di tengah pandemi virus korona. Salah satu pemain industri otomotif, PT Astra Diahtsu Motor (ADM) mengandalkan penjualan melalui digital.

"Kuncinya adalah digital, karena kami tidak dapat bertemu langsung dengan konsumen, kami akhirnya melakukan semuanya melalui digital," kata Kepala Divisi Pemasaran dan CR-DSO Hendrayadi Lastiyoso dalam konferensi video, Jumat (19/6).

Hendra mengatakan bahwa ADM memang sangat membatasi interaksi langsung antara penjual, penjualan, dan konsumen karena mengikuti protokol kesehatan yang direkomendasikan oleh pemerintah. "Berangkat dari kunci penting itu, teman-teman kami di cabang saat ini sibuk & menggunakan digital. Karenanya, di masa depan kami memiliki strategi untuk lebih aktif dengan digital," kata Hendra.

Bulan depan, PT ADM akan kembali mengadakan acara virtual. Rencananya, pada acara tersebut, PT ADM akan membagi minyak Daihatsu secara gratis untuk 500 orang pertama yang bergabung.

"Kami berencana pada akhir bulan ini untuk melanjutkan acara virtual, yang kami lakukan minggu lalu dan hasilnya sangat bagus. Dan akhir bulan ini kami akan melanjutkan lagi, dengan menghadirkan penawaran khusus bagi konsumen kami," katanya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa penjualan mobil di Indonesia pada Mei 2020 turun 95,7 persen dibandingkan periode yang sama pada Mei 2019. Menurut laporan dari Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil pada Mei 2020 hanya 3.551 unit. Padahal di bulan yang sama tahun lalu bisa mencapai 84.109 unit.

Itu menambah penurunan beruntun di mana penjualan mobil di Indonesia menyusut 90,63 persen pada April, dari 84.056 unit pada April 2019 menjadi 7.871 unit pada April 2020.

sumber: perantara