Penjualan Honda dan Toyota di AS masih lesu.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Pandemi korona telah menekan penjualan otomotif di Amerika Serikat (AS). Setelah beberapa bulan mengalami penurunan penjualan, akhirnya Juli 2020 menjadi kali pertama terjadi peningkatan penjualan setelah pandemi.

Dilansir dari Car and Driver, Kamis (6/8), beberapa pabrikan yang mengalami peningkatan penjualan pada Juli 2020 antara lain Hyundai, Volvo dan Mazda. Hyundai sendiri mengalami peningkatan 1 persen dibandingkan Juli 2019 dan ini merupakan peningkatan pertama sejak Februari.

Sedangkan Mazda naik sekitar 3 persen dan Volvo naik 10 persen. Di satu sisi, masih ada sejumlah pabrikan yang mengalami penurunan penjualan, seperti Honda dan Toyota.

Kenaikan yang dialami Hyundai ditopang oleh penjualan produk kendaraan sport. Sebelumnya, pabrikan Korea ini anjlok sekitar 13 hingga 43 persen dari bulan Maret hingga Juni.

Kemudian peningkatan yang dialami Mazda juga didukung oleh penjualan produk-produk SUV. Salah satu produk yang paling laris saat ini adalah Mazda CX-30. Selain itu, penjualan Mazda juga masih didukung oleh produk CX-5.

Hal yang sama terjadi pada Volvo. Sejumlah produk SUV dari pabrikan Swedia itu terjual hingga 9.600 unit selama Juli 2020. Tentu saja, kenaikan 10 persen menjadi menghirup udara segar setelah sebelumnya mengalami waktu yang sulit.

Di satu sisi, penurunan penjualan yang dialami oleh Honda dan Toyota adalah masing-masing 20 persen dan 21 persen. Sepanjang Juli, penjualan Honda ditopang oleh produk SUV. Beberapa line-up yang memberikan kontribusi signifikan ke pasar AS adalah Honda HR-V dan Pilot.

Lalu, meski Toyota mengalami penurunan penjualan secara keseluruhan, ada beberapa produk yang berhasil digenjot penjualannya. Beberapa produk yang berhasil meningkatkan penjualan adalah Toyota Supra dan beberapa line up hybrid.