Permintaan untuk pickup dan mobil sport membantu meningkatkan penjualan di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ford Motor Co mengatakan permintaan truk pikap dan mobil sport turut mendongkrak penjualan kuartal ketiga di Amerika Serikat. Dikutip dari Reuters, Sabtu (3/10), perusahaan ini perlahan mulai pulih setelah terkena pandemi COVID-19.

Sektor otomotif AS. telah meningkat lebih cepat daripada industri lainnya. Namun, pembuat mobil diberikan insentif agresif seperti pembiayaan nol selama 84 bulan, pembayaran yang ditangguhkan, dan program jaminan kerja.

Ford membukukan penurunan 5 persen dalam penjualan mobil AS untuk kuartal ketiga. Menurut Ford, pemulihan yang berkelanjutan dari lockdown membantunya mencatat penjualan yang lebih baik dibandingkan dengan kuartal kedua.

Produsen mobil terbesar kedua AS menjual 551.796 kendaraan di AS pada kuartal tersebut, turun dari 580.251 tahun sebelumnya. Namun penjualannya naik 27,2 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

"Laju penjualan yang disesuaikan secara musiman untuk September mewakili kenaikan berurutan lainnya untuk industri, dan kembali ke tingkat yang mendekati tingkat pra-pandemi," kata analis Credit Suisse Dan Levy.

Meskipun penjualan industri secara keseluruhan selama kuartal tersebut turun, trennya positif karena permintaan meningkat setiap bulan. Penjualan truk pikap Seri-F meningkat 3,5 persen pada kuartal ini jika dibandingkan dengan tahun lalu, menandai penjualan pikap terbaiknya sejak 2005. Sementara itu, saingan terbesar Ford, General Motors Co, melaporkan penurunan penjualan sebesar 10 persen.

sumber: antara