Jakarta – Sejuta mobil orang, Daihatsu beberapa waktu lalu dikabarkan akan menghentikan produksi Xenia. Daihatsu yang ditemui oleh detikOto di serangkaian kegiatan Daihatsu di Istora Senayan membantah berita itu.

"Xenia mengatakan kemarin bahwa kami berhenti memproduksinya, sehingga masih akan ada produksi hingga Desember," kata Kepala Divisi Pemasaran & CR dari PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso. Hendra menambahkan bahwa hingga saat ini ia masih menerima pasokan dan menjual model Xenia saat ini.

Meskipun demikian, Kepala Divisi Perencanaan & Komunikasi Korporasi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman mengungkapkan bahwa kontribusi Xenia saat ini ke pasar Daihatsu sendiri adalah 16 persen. "Xenia sekarang hanya 16 persen, kontribusinya di pasar total, dikatakan turun karena pasar telah tumbuh dibandingkan dengan 1 juta unit tahun lalu, sekarang mencapai 1.150 lebih atau kurang. Jadi itu tidak jatuh secara dramatis. , tetapi pasar komersial juga didukung.

Setelah selusin tahun menjadi pilihan keluarga Indonesia untuk kendaraan roda 4, mereka masih 16 persen menjadi prestasi yang membanggakan bagi Daihatsu. "Xenia 11 tahun masih 16 persen dari produksi kami, menurut saya itu luar biasa," tambah Rudy.

Hendra menambahkan hingga saat ini rata-rata Xenia masih diproduksi di atas 2.000 unit setiap bulan. "Xenia belum menghentikan produksi, sejauh yang saya tahu, hingga November. Grosir dan eceran akan dihitung nanti, jadi itu adalah soal stok. Sekarang Daihatsu Xenia menghasilkan lebih dari 2.000 unit, rata-rata sekitar itu," dia menyimpulkan. (rip / lth)