Jakarta –

Bagi detikers yang setiap hari berkendara dengan mobil, detikOto mengingatkan Anda untuk tetap menggunakan masker ya, itu juga berlaku untuk penumpang. Masalahnya, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta mengatur ketentuan mengenai kewajiban penumpang menggunakan masker di dalam mobilnya.

Jika penumpang tidak memakai masker di dalam mobil, siap-siap denda menunggunya. Demikian disampaikan Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan, Rabu (14/10/2020).

"

Ilustrasi pameran mobil selalu dimeriahkan oleh SPG-SPG cantik. Di Beijing Auto Show 2020, para wanita cantik ini wajib memakai masker untuk mencegah virus Corona. Foto: Foto AP / Andy Wong

Lalu ada debat kemarin yang terjadi sendirian di dalam mobil, tidak memakai topeng, juga didenda. Kami juga mempertanyakan itu, kami sampaikan ke eksekutif dalam pembuatan perda ini berulang-ulang, tidak ada kejelasan disampaikan ke publik, ada perdebatan tapi akhirnya kami sepakat bersama, ”kata Judistira.

Raperda ini disusun langsung oleh DPRD DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Eksekutif dan legislatif sepakat bahwa penumpang harus memakai masker meski sendirian di dalam mobil.

“Begitulah yang terjadi, sekarang mobil ini jaman sekarang, petugas tidak bisa tahu di lapangan apakah ini mobil pribadi atau mobil taksi online. Ketika ada supir online baru dari luar ternyata dia sebenarnya adalah OTG yang Belum terdeteksi, dia tidak memakai masker di mobilnya. Lalu dia bersin atau apalah, berputar-putar di sana di mobil virus, terus masuk penumpang, misalnya, ”kata Judistira.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan hukuman bagi orang yang tidak memakai topeng adalah Rp 250.000. “Iya jadi ada bakti sosial atau membayar denda Rp 250 ribu,” imbuh Judistira.

Rancangan peraturan daerah penanganan COVID-19 saat ini telah disepakati antara Bapemperda DPRD DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta. Selanjutnya Covid Raperda akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi.

Tonton Video "Satuan Tugas Menanggapi Masalah & # 39; Kenakan Topeng Saat Anda Sendirian di Dalam Mobil & # 39;"
[Gambas:Video 20detik]
(pria / lth)