Jakarta –

Jika ada yang berpikir merawat rem berpengaruh pada performa mesin, mungkin itu tidak benar. Karena memang tidak ada hubungannya dengan performa mesin. Namun, ketika rem tidak dirawat dengan benar, kecelakaan yang berdampak pada kematian akan mengintai detikers.

Seperti yang dinyatakan oleh Kepala Bengkel Cilandak Auto2000, Suparna di bengkel "Rem Mobil Lengkap Peel" # lokakarya dengan Toyota Yaris Club Indonesia.

"Rem mobil yang tidak dirawat akan mempengaruhi mesin? Sebenarnya tidak ada efek pada mesin. Tetapi jika tidak dirawat, akan ada beberapa masalah," kata Suparna.

"Pertama rem akan macet karena kotor dan dapat menyebabkan rem akan mengunci dan menahan. Penguncian ini tidak akan memastikan apakah 50 persen atau 70 persen, tetapi dapat menyebabkan rem memanas, semua bagian lain dapat rusak, seperti sebagai kaliper, dll, "tambah Suparna.

Suparna juga menjelaskan bahwa ketika rem tidak dirawat dengan benar, kenyamanan otomatis saat mengemudi akan berkurang.

"Kedua, pasti saat mengendarai tidak akan nyaman. Misalnya, bagian kiri depan kotor, ban akan menahan dan ketika jalan akan terus ke kiri dan ke kanan. Ketiga, efek lain akan menghabiskan energi juga akan hilang, "Kata Suparna.

"Namun, hal yang paling berbahaya ketika rem tidak dirawat dapat menyebabkan rem gagal. Karena segel bocor dan ketika menginjak rem itu akan terasa ringan," kata Suparna.

Lihat videonya "Want a Ninja ZX-25R? Harga Ini Bocor"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)