Jakarta –

Bagi sebagian pengendara mungkin kata rem cakram dan drum sudah tidak asing lagi. Tetapi bagi Anda yang tidak tahu bedanya, ternyata membedakan keduanya cukup mudah.

Bukan dari sistem yang berfungsi, lebih mudah untuk membedakan sistem rem ini bisa dilihat dari penampilan keduanya. Seperti yang dinyatakan oleh Kepala Bengkel Cilandak Auto2000, Suparna di bengkel "Rem Mobil Lengkap Peel" # lokakarya dengan Toyota Yaris Club Indonesia.

"Komponen rem adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan, jika rem berfungsi dengan baik kita pasti akan lebih aman. Lebih baik mobil kita bisa mempercepat tetapi rem mencengkeram, dibandingkan dengan mobil yang kuat tetapi remnya tidak berfungsi, "kata Suparna.

Menurut Suparna untuk membedakan keduanya cukup mudah, terutama terlihat pada kedua desain.

"Ada banyak jenis sistem rem di kendaraan, ada rem menggunakan drum, cakram, abs, ebd, rem bantu. Biasanya menggunakan cakram dan sistem rem drum, jika cakram itu berbentuk cakram dan drum itu dalam bentuk mangkuk, jika untuk cakram itu terlihat terlihat, "tambah Suparna.

Ganjal ban Anda dengan batu, cobalah untuk tidak menggunakan rem tangan. Menurunkan rem tangan bertujuan untuk menghindari lengketnya kampas rem dengan drum yang dapat mengakibatkan rem belakang lengket. Jika mobil diparkir miring atau menanjak Anda harus menopang roda sehingga mobil tidak bergerak. Foto: Dadan Kuswaraharja

Jika dilihat dari dua sistem pengereman, mereka jelas memiliki perbedaan mendasar. Seperti dalam mencari detikOto. Rem drum saat ini masih menggunakan sistem mekanis sementara sistem rem cakram bersifat hidrolik.

Kelebihan rem cakram dapat dilihat dari fungsinya, yang menggunakan tekanan fluida atau minyak rem untuk mendorong bantalan / kanvas untuk mengurangi putaran disk, perawatannya jauh lebih mudah, sehingga proses penggantiannya juga lebih mudah.

Tetapi untuk perawatan rem drum, detikers harus membuka roda terlebih dahulu sebelum dapat melihat kondisi berapa banyak kampas rem yang telah digunakan.

Lihat videonya "Want a Ninja ZX-25R? Harga Ini Bocor"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)