Jakarta –

Jika memang pemerintah mengeluarkan bahan bakar diesel D-100, yang terbuat dari bahan nabati, yaitu kepala kelapa sawit, dapat dipastikan bahwa produsen harus berinvestasi lebih banyak untuk dapat menghasilkan mesin yang cocok untuk menyambut jenis ini. bahan bakar.

Tetapi perubahan apa yang akan dilakukan pabrikan pada mesin mereka? Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR KTB, Dony Hermawan mengatakan kepada detikOto, untuk dapat melakukan perubahan pada mesin agar dapat mengkonsumsi bahan bakar bio seperti D-100 harus terlebih dahulu melihat spesifikasi yang ditawarkan oleh D- 100.

"Kita harus melihat seperti apa, seperti apa pembaruan itu? Jadi kita akan terus memantau masalah ini, kita akan memeriksanya terlebih dahulu. Analisis pada tim internal KTB dari berbagai pihak juga akan terlihat termasuk bagaimana Gaikindo melihat ini misalnya, "kata Dony.

Dony menjelaskan bahwa ketika pemerintah menerapkan bahan bakar B30, Mitsubishi melakukan berbagai perubahan.

D-100 Uji Bahan Bakar D-100 Foto: Doc. Kementerian Perindustrian

"Secara internal, kami juga telah melakukan uji jalan internal B30 pada beberapa produk kami. Dalam hal produk, kami tidak harus mengubah banyak spesifikasi, kan? Kami hanya memiliki bagian tambahan, terutama di filter bahan bakar. Secara khusus, kami tidak memiliki perubahan, "kata Dony

"Kami belum dapat menanggapi dengan cara apa pun (perubahan mesin apa yang akan dilakukan KTB). Karena hasilnya sendiri belum ditemukan. Tetapi seperti ini, menurut kami, menguji D-100 (diesel hijau atau diesel hijau) adalah bentuk komitmen Pertamina dalam mendukung penggunaan bahan bakar terbarukan (energi terbarukan), yang tentu saja memiliki dampak positif pada energi ramah lingkungan serta penyerapan minyak sawit yang lebih optimal. Nah, tentu saja KTB sebagai APM Mitsubishi FUSO sangat mendukung kegiatan ini, sebagai bentuk penyerapan energi nasional untuk digunakan dalam kendaraan bermotor khususnya, "tambah Dony.

Lihat videonya "Sebelum Lebaran, Pertamina Menjamin Stok LPG di Sulsel Safe"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)