Peugeot 405 juga diproduksi di Azerbaijan untuk memenuhi pasar Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU – Peugeot 405 merupakan salah satu produk yang diperkenalkan sejak tahun 1987. Seiring berjalannya waktu, sedan ini tidak lagi dipasarkan di sejumlah negara.

Dilansir dari Car Advice, Selasa (25/8), ternyata saat ini masih ada beberapa negara yang masih memasarkan Peugeot 405. Padahal, model yang dihadirkan tak jauh berbeda dengan model 1997.

Salah satu negara yang masih memasarkan dan memproduksi Peugeot 405 adalah Iran. Namun, produksi di Iran secara resmi dihentikan tahun ini. Selanjutnya, produksi Peugeot 405 dipindahkan ke Azerbaijan.

Azerbaijan juga ditunjuk untuk memasok Peugeot 405 di negara itu dan beberapa negara sekitarnya. Padahal, karena peminat di Iran masih cukup sedikit, kini kebutuhan di Iran dipenuhi dari fasilitas produksi di Azerbaijan.

Produksi dilakukan oleh konsorsium bernama Azermash Khazar. Agar tampil lebih segar, produk ini pun mengusung nama Peugeot Khazar 406. Tentunya edisi kali ini berbeda dengan Peugeot 406.

Meski demikian, Peugeot Khazar 406 hadir dengan front end yang menyerupai 406. Namun sebenarnya, Peugeot Khazar 406 masih merupakan 405 yang disegarkan.

Peugeot Khazar 406 dipasarkan dengan harga sekitar Rp 160 jutaan. Dengan harga yang cukup murah, Peugeot Khazar 406 juga dilengkapi dengan keyless entry, pengatur suhu, dan transmisi otomatis.

Soal dapur pacu, mobil ini dibekali dua pilihan mesin, yakni 1,8 liter bensin dan 1,8 liter diesel. Dilihat dari harga dan fitur yang ditawarkan, Peugeot Khazar 406 sepertinya sengaja dihadirkan sebagai sarana mobilitas bagi konsumen yang mengutamakan fungsi dasar.

Di Azerbaijan, produk ini ditargetkan bisa diproduksi hingga 10 ribu unit per tahun. Kehadiran Peugeot Khazar 406 juga menegaskan bahwa Peugeot 405 merupakan produk mobil Prancis tersukses.