Jakarta – Meskipun busi berukuran kecil, komponen ini memiliki fungsi penting untuk sistem pengapian pada kendaraan bermotor.

Busi memiliki ukuran sendiri untuk setiap motor. Sehingga setiap motor tidak bisa menggunakan busi ukuran asli.

Meski begitu, masih ada pemilik kendaraan yang memasang colokan yang tidak sesuai ukurannya. NGK mengungkapkan sebagai pemain busi yang telah melakukan perjalanan dunia dalam industri otomotif, tidak jarang menemukan pemilik kendaraan yang tidak menggunakan busi sesuai spesifikasi mereka.

"Apa yang kami temui di masyarakat, banyak yang memaksakan busi yang tidak cocok untuk kendaraan mereka. Ini artinya satu jenis busi yang menurut mereka bisa dimasukkan pada tiga jenis sepeda motor," kata Felix Ferdinand, Manajer Penjualan dan Pemasaran PT NGK Busi di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (23/03/2019).

Selain itu, pria berkacamata ini akan berdampak pada kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar.

"Walaupun tidak, karena ukurannya sangat kecil jika selisihnya hanya 0,1 milimeter juga tidak bagus. Mesinnya masih menyala, hanya pembakarannya tidak optimal, bisa lebih boros dan tidak efisien," tambah Felix. .

Dia merekomendasikan untuk kendaraan harian sesuai dengan prosedur manual layanan. Setiap kendaraan memiliki spesifikasi berbeda.

"Ukuran sekrup, panjang pendek busi, dan lebar diameter berbeda untuk setiap busi. Perbedaan 0,1 milimeter salah jika dipaksa masuk," kata Felix. (riar / kering)