Jakarta – PT PLN (Persero) mengumumkan akan memberikan diskon atau diskon kepada pelanggan yang memiliki mobil dan motor listrik. Ini juga disambut oleh produsen sepeda motor listrik Viar.

Seperti yang disampaikan oleh Direktur Pemasaran Viar Motor, Sujipto Atmojo kepada detikOto, Rabu (20/2/2018), yang menyambut baik rencana PLN dan ingin melihat bagaimana prosesnya.

"Ini ide yang bagus seperti di luar negeri. Subsidi seperti itu di luar negeri," kata Sujipto.

Sujipto juga berharap agar prosesnya tidak sulit bagi pemilik kendaraan listrik di Indonesia.

"Menilai dari ide bagus, tinggal menunggu implementasinya, apakah akan mudah atau berlaku dan ini yang perlu kita tunggu. Apa yang kita lihat atau ada regulasi lain atau tidak?" dia menambahkan.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman sebelumnya mengatakan bahwa diskon untuk pemilik kendaraan listrik ditargetkan akan dirilis pada akhir bulan ini atau awal Maret 2019.

"Jika kita bisa menghabiskan akhir bulan ini, semoga 1 Maret bisa," katanya di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Syofvi menjelaskan, diskon penggunaan listrik akan diberikan kepada pelanggan yang memiliki kendaraan listrik. Diskon ini berlaku mulai pukul 10:00 malam. hingga pukul 04:00 Pada saat itu sering digunakan untuk pengisian kendaraan listrik.

Sementara itu, diskon untuk daya tambahan diberikan kepada pelanggan yang memiliki mobil, sepeda motor dan kompor listrik.

"Pertama, diskon jika Anda menagih 10: 00-4: 00. Kedua, diskon daya tambahan jika Anda memiliki mobil listrik jauh lebih besar daripada Anda hanya memiliki sepeda motor listrik, atau kompor induksi, tetapi kami ingin izin terlebih dahulu dengan Pak Jonan. Saya sudah sepakat, "jelasnya.

Mengenai jumlah diskon, Syofvi belum bisa menjelaskan secara detail. Dia hanya mengatakan, untuk diskon pemakaian listrik ada yang kurang dari 50%.

"Tidak ada periode 50%, jika Anda menambah daya hingga 50%," katanya.

Sementara itu, untuk meningkatkan diskon daya bisa hingga 50%, terutama bagi pemilik mobil listrik. Diskon tambah daya ini akan bertingkat.

"Diskon daya tambahan yang memiliki mobil listrik bisa 50%. Jadi, jika Anda memiliki kompor induksi, jangan (saya) diskon, miliki mobil listrik tanpa diskon," katanya.

"(Induksi kurang dari 50%?) Bisa jadi itu, sepertinya kompor induksi dengan motor listrik hampir sama dengan diskon. Jika Anda memiliki mobil yang lebih besar ini, bahkan jika Anda tidak memiliki kompor induksi, "tambahnya seperti ditulis dalam detikFinance. (lth / ddn)