Jakarta – Pemerintah Indonesia terus meningkatkan program transisi kendaraan konvensional ke kendaraan listrik. Hal ini mulai terlihat oleh rancangan Peraturan Presiden yang disusun oleh Kementerian Perindustrian bersama dengan instansi terkait dan sekarang hanya menunggu penandatanganan Presiden.

PLN sangat mendukung program pemerintah ini, hal itu terungkap melalui Direktur Perusahaan Listrik Daerah Regional Jawa Barat, Haryanto WS, saat ditemui di Gedung Distribusi PLN Jakarta di Jabodetabek, Gambir, Jakarta Pusat.

"Saya berharap dan mendukung bahwa mobil listrik akan segera direalisasikan sesuai dengan kebijakan pemerintah. Saya menunggu keputusan presiden, masalah terakhir pada bulan Desember akan ditandatangani," kata Haryanto.

Kendaraan listrik, kata Haryanto, memiliki potensi untuk meningkatkan produksi dalam negeri. Terlebih lagi, akhirnya, sepeda motor Gesits telah direncanakan untuk diluncurkan.

"Untuk mendukung pemberdayaan dan meningkatkan produksi dalam negeri, teman-teman PLN terus mendukung dan mensosialisasikan pengguna bagaimana manfaat luar biasa dari mobil listrik atau sepeda motor termasuk turunan dari produk lain yang meningkatkan efisiensi dan kenyamanan sehingga kita bisa menjadi lebih baik di masa depan," kata Haryanto.

Selanjutnya, PLN juga berharap kendaraan listrik akan digandrungi di ibu kota.

"Jakarta, sebagai pusat pemerintahan, kami juga ingin memiliki udara bersih dan lingkungan yang sehat di samping program yang kami lakukan, kami juga percaya bahwa mobil listrik mendukung tujuan itu," kata Haryanto. (riar / ddn)