Jakarta –

Perusahaan bus Handoyo (PO) merilis satu unit bus social distancing dan dua bus kelas suite yang bisa Anda gunakan untuk berbaring. Ketiganya menggunakan mesin dan sasis Hino serta bodi Legacy SR-2 besutan bodi mobil Laksana.

“Bus jarak sosial ini merupakan wujud partisipasi kami dalam pencegahan penyebaran COVID19. Kesehatan penumpang menjadi prioritas nomor 1 selama perjalanan. Untuk itu, bus jarak sosial ini menjadi tanggung jawab kami untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang. , ”ujar Daniel Handoyo Wibowo, selaku pemilik PO Handoyo dalam siaran siarannya.

Hino Bus R260 sendiri memiliki mesin 7.684 cc segaris 6 silinder dengan turbocharger yang menghasilkan tenaga 260 PS. Untuk kapasitasnya, Bus Hino R260 mampu memuat penumpang hingga maksimal 60 kursi.

Bus suite sekelas PO Handoyo Foto: Hino

Modifikasi tersebut juga memangkas kapasitas penumpang di dalamnya. Bus social distancing ini memiliki 27 kursi dengan konfigurasi berbeda dari pengaturan kursi bus pada umumnya, dengan konfigurasi kursi 1-1-1 dengan dua lorong sehingga mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19.

Bus jarak sosial PO Handoyo Foto: Hino

Sedangkan Class Bus Suites hadir dengan 21 kursi dalam tingkat kemewahan dan kenyamanan dengan privasi tinggi, dan hal ini sangat penting dalam pandemi seperti sekarang. Joknya didesain senyaman mungkin dengan tampilan kursinya lebih lebar, ada sandaran kaki dan sandaran punggung yang bisa direbahkan hingga 150 derajat. Lalu untuk keamanan, dilengkapi dengan sabuk pengaman dua titik. Saat melakukan perjalanan jarak jauh dan penumpang memiliki ruang privasinya sendiri.

Kelas social distancing bus dan suite PO Handoyo Foto: Hino

Bus jarak sosial mulai beroperasi setelah meninggalkan Laksana Karoseri, Ungaran, Jawa Tengah pada akhir Agustus lalu. Harga tiket bus social distancing ini Rp 225.000 dengan rute antarkota Magelang – Jakarta (PP) lewat jalur selatan. Sedangkan untuk Kelas Suite harga tiketnya Rp 350.000 melalui jalur utara yaitu Magelang, Parakan dan langsung ke Jakarta.

Bagi yang ingin mencoba bus ini, pembelian tiket bisa dilakukan melalui agen PO Handoyo atau online melalui Traveloka dan Redbus.com.

Tonton video "Tidak Ada Pesanan, Pengusaha Bus Pariwisata Ancam Gelar Konvoi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)