Chennai –

India masih menerapkan penguncian untuk mengurangi tingkat penularan virus Corona (COVID-19). Pemerintah negara itu juga telah mengumumkan zona merah untuk menyebarkan virus Corona.

Namun, pengawasan di dalam zona merah berisiko bagi petugas polisi. Akibatnya, polisi menciptakan alat untuk berpatroli di zona merah.

Cartoq melaporkan, kepolisian Chennai mengandalkan robot roda empat untuk memasuki zona merah. Robot dikendalikan dari jarak yang aman.

Robot tersebut dinamai Cop Robot LD. Kendaraan roda empat dikendalikan dari jarak sekitar 1 km. Robot LD Cop dilengkapi dengan fitur teknologi tinggi yang memungkinkan polisi untuk memantau pelanggar kuncian dari jarak yang aman.

Robot digunakan untuk memantau dan memeriksa jika ada pelanggaran aturan kuncian. Ada juga perangkat komunikasi dua arah yang telah diinstal pada robot yang dapat digunakan untuk berbicara dengan orang-orang di zona merah. Jadi, jika ada permintaan dari warga di zona merah agar petugas bisa langsung berkomunikasi.

Dari video yang diunggah di YouTube, robot terlihat memasuki area zona merah yang diblokir di Chennai, sementara polisi menonton dari jarak yang aman di luar barikade. Kamera yang terpasang pada robot digunakan untuk memeriksa lingkungan sekitarnya.

Robot roda empat ini disebut membuat petugas polisi aman dan terhindar dari infeksi virus.

Lihat video "Ayo! Pelajari Cara Membuka Topeng Kain yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)