Taycan adalah mobil listrik pertama dari Porsche.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART – Satu hal yang masih menjadi kendala dalam memasarkan mobil listrik adalah karena harganya yang masih tergolong tinggi. Karena itu, agar mobil listrik dapat menjangkau pasar yang lebih luas, maka Porsche menyiapkan produk mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau.

Saat ini, Porsche telah memasarkan mobil listrik yang disebut Porsche Taycan. Mobil dengan desain unik dan garis bodi khas Porsche sendiri dipasarkan dalam empat varian. Dilansir dari Car Advice, Selasa (28/4), pabrikan Jerman itu juga berencana menambah varian Taycan dengan harga lebih murah.

Ketua Penelitian dan Pengembangan Porsche, Michael Steiner mengatakan, dengan lebih banyak varian semakin banyak orang akan memiliki pilihan. "Karena itu, kami akan menghadirkan model entry level untuk Taycan," kata Michael Steiner.

Saat ini, semua varian Taycan yang ditawarkan adalah mobil dengan sistem penggerak empat roda. Untuk mengurangi harga, Taycan juga akan disajikan dalam opsi penggerak roda belakang.

Tidak hanya itu, kemungkinan paket hemat Taycan ini juga akan hadir dalam kapasitas baterai yang lebih kecil. Dengan strategi ini, diharapkan orang akan lebih tertarik beralih menggunakan mobil listrik nanti.

Ia juga meyakini, penggunaan penggerak roda belakang tidak akan terlalu menjadi pertimbangan bagi sebagian orang. Sebab, memang ada beberapa negara yang menganggap bahwa penggerak empat roda tidak cukup penting.

Kemungkinannya, paket hemat Taycan ini akan ditenagai oleh motor listrik dengan kemampuan sekitar 450 tenaga kuda. Namun, perubahan sistem penggerak dan penggantian baterai belum dapat diprediksi untuk membuat level entri Taycan mampu merekam daya jelajah sejauh mana.

Produk Porsche Taycan adalah mobil listrik pertama dari Porsche. Awalnya, mobil ini diperkenalkan pada tahun 2015 dengan nama Mission E. Mobil empat pintu ini didukung oleh dua motor listrik sinkron listrik yang terdapat di gandar depan dan belakang. Penggunaan baterai 93,4 kWh membuat mobil ini memiliki daya jelajah hingga 460 kilometer.

Keempat varian yang telah ditawarkan oleh mereka sendiri adalah Taycan 4S, Taycan 4S (kinerja baterai plus), Taycan Turbo dan Taycan Turbo S. Semua varian ini datang dalam kisaran harga dan kemampuan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan.