Nissan pun terus memiliki misi untuk membuktikan kehandalan mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, YOKOHAMA – Di pasar mobil listrik, Nissan mulai menghadirkan produk Nissan Leaf. Produk ini kini menjadi salah satu kendaraan listrik (EV) terlaris berkat desain dan keandalannya yang unggul.

Dilasir dari Green Car Reports, Senin (14/9), kini kehadiran Leaf sudah berusia sepuluh tahun. Dalam perjalanannya tersebut, Nissan saat ini telah memproduksi 500 ribu unit Leaf.

Hal ini juga dinilai menjadi prestasi yang membanggakan mengingat EV bukannya tanpa tantangan. Padahal, pencapaian tersebut justru meleset dari target yang ditetapkan. Pasalnya, awalnya Nissan menargetkan produksi sebanyak 500 ribu unit pada 2012.

Hingga saat ini Nissan masih mengemban misi untuk membuktikan kehandalan EVs. Juli lalu, Nissan Leaf ditantang oleh elemen tercepat di alam – api dan angin. Di area tertutup di Pantai Samroiyod, Thailand, Nissan menciptakan tantangan satu kilometer yang mengadu domba Nissan Leaf secara langsung dengan api dan angin.

Tantangan ini dilakukan dengan menggunakan garis api Piroteknik serta juara peselancar layang-layang untuk melihat siapa yang mencapai garis finish tercepat. Vice President Marketing Nissan Asia & Oceania, Nirmal Nair mengatakan, tantangan diciptakan untuk mengubah persepsi masyarakat yang menganggap mobil listrik kurang dinamis.

Sebagai salah satu pemain global dalam mobilitas listrik dan teknologi inovatif, Nissan pun ingin menghilangkan tampilan ini dengan format yang tidak biasa.

“Mobil listrik adalah mobil paling ramah lingkungan di masa depan. Dengan tantangan ini, kami ingin menunjukkan dengan jelas bahwa Nissan Leaf memang luar biasa, bukan hanya karena mobil ini memiliki emisi nol, tetapi juga sebagai mobil hebat dengan akselerasi dan dinamika berkendara yang mengagumkan, serta tentunya mampu menghadapi berbagai tantangan, "Nirmal Nair dalam keterangannya, pers kepada Republika.co.id, Jumat (3/7).

Selain menghadirkan Leaf, pabrikan asal Jepang ini juga melengkapi pasar EV dengan produk Ariya. Tak hanya itu, Nissan juga baru saja menawarkan teknologi unik melalui produk All New Nissan Kicks e-POWER.

President Director PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi mengatakan, All-new Nissan Kicks e-POWER merupakan SUV kompak bertenaga listrik pertama dengan teknologi e-POWER yang memungkinkan pengemudi menikmati sensasi mengendarai mobil listrik tanpa perlu pengisi daya eksternal.