Jakarta –

Perusahaan elektronik Taiwan Foxconn, yang merupakan produsen produk Apple, telah menciptakan platform mobil listrik. Ini adalah bagian dari rencana Foxconn untuk menjadi pabrikan di industri mobil listrik.

Platform mobil listrik dari Foxconn juga memasang target. Bos Foxconn, Liu Young, menargetkan 10 persen pangsa pasar pada 2025.

Liu mengatakan, platform mobil listrik berupa sasis dibuat untuk digunakan oleh siapa saja. Sasis dapat dibuat menjadi berbagai ukuran mobil, jenis suspensi dan kapasitas baterai.

Lebih khusus lagi, platform tersebut dapat menampung jarak sumbu roda mulai dari 2.750 hingga 3.100 mm. Arsitekturnya juga dapat mendukung berbagai trek dan ketinggian pengendaraan.

Di sisi performa, Foxconn menyebut paket baterai berkapasitas 93, 100, dan 116 kWh. Baterai akan menggerakkan motor listrik yang dipasang di depan dan belakang serta motor ganda pengaturan penggerak semua roda.

Motor depan akan memiliki output 127 hp, 201 hp dan 268 hp. Motor yang dipasang di belakang akan menghasilkan 201 hp, 268 hp, 322 hp dan 456 hp.

Perusahaan juga menjanjikan perangkat lunak berteknologi tinggi yang mendukung pembaruan over-the-air serta berbagai tingkat mengemudi otonom. Amazon Alexa, Android Auto dan Apple CarPlay juga merupakan bagian dari paket tersebut.

Produsen otomotif sekarang dapat mengontrak Foxconn untuk menggunakan platform ini dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan mereka. Foxconn juga akan mendesain pesanan mobil tersebut.

Foxconn juga berencana memperkenalkan teknologi baterai listrik baru pada 2024. Baterai tersebut dijanjikan akan jauh lebih bertenaga daripada baterai yang sudah ada.

Foxconn memang bukan perusahaan asing di mata pabrikan otomotif. Januari lalu ia bermitra dengan FCA untuk membangun mobil listrik untuk pasar Cina. Foxconn juga merupakan pemasok Tesla.

Tonton Video "iPhone 12 Bocor Siap Diluncurkan Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lua)