Jakarta –

Motor listrik semakin terasa istimewa setelah Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakan baru. BI membebaskan biaya masuk alias uang muka (DP) kredit untuk pembelian kendaraan listrik. Berikut kami informasikan daftar harga motor listrik.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 22/13 / PBI / 2020 tentang Perubahan Kedua atas PBI Nomor 20/8/2018 tentang Rasio LTV Kredit Properti, Rasio FTV Pembiayaan Properti, dan Uang Muka Motor. Pinjaman atau Pembiayaan Kendaraan (PBI LTV / FTV dan Uang Muka).

Jenis kendaraan yang diperbolehkan memberlakukan DP 0% pada aturan ini adalah kendaraan bermotor ramah lingkungan. Yakni kendaraan bermotor berbasis baterai alias mobil atau motor listrik.

Nah, buat kamu yang berminat membeli motor listrik, ada berbagai model dan penampilan yang ditawarkan. Bahkan jarak itulah yang mempengaruhi harga jual.

Berdasarkan penelusuran, dari situs resminya dan langsung pabrikannya, harga motor listrik termurah saat ini dibanderol Rp. 8,5 juta. Mari kita dengarkan!

1. Gesits

Gesits, merupakan salah satu motor listrik yang mulai bermunculan di jalanan Jakarta, salah satunya dipesan secara massal oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Di situs resminya, motor ini bisa menempuh jarak 50 km untuk satu baterai, dan 100 km untuk penggunaan dua baterai. PT Gesits Technologies Indo (GTI) saat ini memiliki banderol Rp 27,5 juta dan sudah bisa dibeli melalui situs e-commerce Tokopedia.

gesekan motor listrik Foto: Ari Saputra

2. Selis

Selis dikenal sebagai salah satu merek yang fokus pada sepeda bertenaga listrik. Di tengah ramainya industri yang mengarah ke kendaraan listrik, Selis pun menjajal peruntungan dengan bersaing di pasar baru ini.

Selis merupakan pabrikan yang memiliki beragam model bahkan bentuk yang menyerupai skuter matik berbasis tenaga konvensional yaitu Agats yang mampu menempuh jarak hingga 50 km untuk sekali pengisian baterai. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 13,5 juta – Rp 19,9 juta.

Berikut harga motor listrik Selis:

– Eagle Prix Rp. 11,5 juta
– Selis Gajah Rp. 13,8 juta
– Selis Rhino Rp. 14,1 juta
– Neo Scootic Rp 14,1 juta
– Starling Pro Rp. 18 juta
– E- Max Rp. 15,5 juta
– Eagle X-tra R3 Rp 20,8 juta
– Asgats Rp 19,9 juta

Skuter Listrik Selis Foto: Dok. Selis

3. Viar

Selain Selis, ada Q1 dari PT Triangle Motorindo, mengutip dari beberapa situs e-commerce di Indonesia, Viar Q1 saat ini dibandrol dengan harga Rp 18 jutaan. Motor ini menggunakan baterai Lithium-ion berkapasitas 2 kWh, dengan jarak tempuh hingga 60 km. Untuk sekali pengisian dari kosong hingga penuh, Viar Q1 membutuhkan waktu antara 5 hingga 7 jam.

Viar Q1 Foto: Ari Saputra

4. Ecgo 2

PT Green City Traffic (ECGO) merilis Ecgo 2 setahun lalu. Motor listrik ini memiliki banderol harga termurah dari merk lain.

Disitat di situs resminya, Ecgo 2 dibandrol dengan harga Rp. 8,5 juta. Bukan jantung mekanisnya, tapi Ecgo 2 bisa mencapai kecepatan 60 km / jam dan daya tahan baterainya mencapai 70 km.

Uniknya, ECGO Bike menawarkan & # 39; rental baterai & # 39; konsep untuk pelanggan ECGO-2. Jadi setiap pemilik Ecgo-2 akan menyewa baterai setiap bulannya.

Biaya sewa aki adalah Rp95.000 per 30 hari atau per 1.000 km. Baterai akan menjadi & # 39; aktif & # 39; status: dapat dikenakan biaya dan dapat digunakan selama 30 hari atau hingga digunakan untuk jarak 1.000 km.

5. BF Goodrich

Ada juga motor listrik buatan Semarang, Jawa Tengah yang mengusung nama Goodrich. Perusahaan sepeda dan sepeda motor listrik ini telah berdiri sejak tahun 2018 dan sudah mulai memasarkan 3 model sepeda motor listrik sejak kuartal pertama tahun 2019.

Goodrich, sepeda motor listrik buatan Semarang. Foto: Rizki Pratama

Menurut situs resmi Goodrich, pabrikan ini menawarkan beragam model motor listrik mulai dari model skutik ala BF Bee dan BF Q. Keduanya dibanderol off the road Rp 13.200.000. Model bergaya cafe racer klasik lainnya bernama BF CG dengan harga off the road Rp 19.800.000.

Tonton video "Uniquely Electric Motor, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)