Jakarta – Pabrikan mobil eksotis asal Perancis, Bugatti sedang merayakan ulang tahun ke 110 tahunnya. Pembuat mobil eksotis ini melahirkan hypercar baru, Bugatti Chiron Sport 110 ans, mobil edisi spesial yang mejeng di New York Auto Show, Amerika Serikat minggu ini.

Bugatti 110 ans adalah versi yang lebih eksklusif dari Chiron Sport, peningkatan dari hypercar Chiron standar. Bugatti mengatakan membuat 20 unit 110 ans edisi Bugatti Chiron Sports.

Bugatti edisi terbatas untuk mewakili lambang negara asalnya. 20 unit yang diproduksi akan mengenakan tiga warna bendera Prancis di sekitar tubuh, di atas cat biru baja matte. Pun demikian dari sisi interiornya.

Warna yang sama melambangkan cita-cita kebebasan (biru), kesetaraan (putih) dan persaudaraan (merah) – atau liberté, égalité, fraternité – menghiasi kokpit dan dapat dilihat di sandaran kepala dan sandaran.

Bugatti Foto: Pool (carscoops)

Di bawah kap, tenaga tidak berubah dari 1.500-tenaga kuda, 8.0 liter, quad-turbocharged W-16 engine di Chiron. Bicara kecepatan ? di atas kertas dari titik nol hingga 62 mph (0-100 km / jam) Chiron hanya membutuhkan 2,4 detik dan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 261 mph (420 km / jam).

Edisi Sport menambahkan beberapa perbaikan penanganan dan meringankan bobot mobil lebih jauh ringan, bobot 40 pound berkurang dengan membuat hal-hal seperti lengan penghapus kaca depan dari serat karbon.

Harga resmi belum terungkap, tapi jangan harap berharga murah. Chiron Sport standar harganya $ 3,26 juta atau sekitar Rp 50 miliaran bila dikonversikan pada kurs rupiah hari ini. Bahkan disebutkan mobil ini sudah ludes terjual.

“Meskipun semua 20 unit mobil ini sudah laku dijual, Bugatti dengan bangga membagikan model khusus ini di New York, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-110 perusahaan”, kata Bugatti dari CEO Amerika, Maurizio Parlato seperti dikutip Carscoops, Kamis (18/04/2019). (lth/lth)