Jakarta –

Bersamaan dengan perayaan hari nasional Malaysia, Proton memperkenalkan crossover terbarunya: Proton X50. Proton juga mengatakan, crossover baru ini akan melengkapi line-up Proton dan menjadi langkah pasti Geely setelah menguasai saham Proton hingga 49 persen.

Dikutip dari Paultan, Proton X50 tidak hanya akan menambah lengkap line-up produksi mobil mereka di Malaysia. Model ini juga akan menjadi andalan terbaru Proton di pasar luar negeri, termasuk China.

Berbagai keunggulan ditawarkan oleh crossover asal Malaysia ini. Mulai dari desainnya, lampu depan LED dengan daytime running ligths, sunroof, gril dan kaliper rem dipasangkan dengan pelek berukuran 18 inci yang membuat tampilan crossover ini semakin keren.

Sejauh ini Proton belum menjelaskan spesifikasi mesin yang akan ditawarkan. Rumor yang beredar adalah mesin 1.5 liter direct injection turbocharged 3 silinder bertenaga 177 tenaga kuda dan torsi 255 Nm akan disematkan pada kendaraan ini. Mesin ini akan dikawinkan dengan transmisi kopling ganda 7-percepatan, dan akan mampu membuat mobil ini melaju 0-100 km / jam hanya dalam waktu 7,9 detik.

Proton X50 Foto: Pool (Paultan)

Dari segi keamanan, Proton menjamin X50 akan jauh lebih aman. Masalahnya, Proton X50 akan mengusung platform BMA yang sudah teruji tingkat keamanannya. Tersedia juga 6 airbag dan kontrol stabilitas elektrik yang akan menjadi fitur standar. Sedangkan versi teratas akan dilengkapi autonomous emergency braking (AEB), Adaptive cruise control (ACC), yang dipadukan dengan active lane keep assist Mlik Proton X70.

Kapan produk ini akan mulai dijual? Proton berniat memperkenalkannya dalam dua bulan ke depan. Soal harga, belum jelas berapa harga resmi yang ditawarkan untuk crossover Proton terbaru ini.

Tonton video "Jokowi didorong oleh Mahathir di Mobnas Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)