Renault dan Nissan dilaporkan bekerja sama kembali dalam produksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Produsen mobil Prancis, Renault, dikabarkan sedang mengembangkan dan merakit model dari aliansinya, Nissan Micra generasi mendatang. Dilansir Reuters, Selasa (8/9), hal tersebut diberitakan seorang eksekutif senior Nissan.

Kedua perusahaan berusaha untuk memulai kembali aliansi mereka dengan kerjasama yang lebih erat dalam produksi. Ashwani Gupta, Chief Operating Officer (COO) Nissan, mengatakan dalam wawancara dengan surat kabar Prancis Le Monde yang diterbitkan pada hari Senin bahwa rencana Micra adalah contoh dari strategi mereka.

Model Nissan Micra telah dirakit di pabrik Renault Flins di Prancis. Pabrik tersebut akan dialihkan untuk kegiatan daur ulang sekitar tahun 2024, ketika siklus produksi rangkaian mobil yang dibangun di sana berakhir.

Untuk Micra generasi selanjutnya, kami akan mengikuti Renault, dan kami akan meminta Renault untuk mengembangkan dan membangun Micra masa depan untuk kami, ”ujar Gupta.

Keduanya sedang berjuang secara finansial, baik Renault maupun Nissan. Mereka berencana untuk memotong biaya bersama saat mereka mencoba menjauh dari skandal seputar mantan bos aliansi Carlos Ghosn.

Ghosn diketahui lolos dari penahanan di Jepang. Saat ini, dia diketahui berada di Lebanon, menyangkal tuduhan pelanggaran keuangan terhadapnya.

Selain itu, Renault juga meluncurkan lini baru dua mobil terlarisnya pada Senin (7/9) yang diproduksi Dacia asal Rumania. Dacia saat ini merupakan salah satu divisi independen dengan Renault.

Perusahaan mengumumkan minggu lalu bahwa Dacia akan menjadi salah satu dari empat divisi baru yang diciptakan bersama dengan merek Renault. Versi baru sedan Dacia Logan, pertama kali diluncurkan pada tahun 2004, dan city car Sandero, yang berasal dari tahun 2007, akan diluncurkan secara detail pada tanggal 29 September.

sumber: Reuters / Antara