Jakarta – Emisi gas buang menjadi tanggung jawab berbagai negara. Kendaraan bermotor juga berkontribusi terhadap emisi gas buang. Berbagai negara di dunia harus meningkatkan untuk mengurangi polusi udara.

Indonesia baru saja beralih dari Euro 2 ke Euro 4. Namun, Thailand telah menetapkan target lebih jauh.

Dilaporkan oleh Paultan dari Bangkok Post, kendaraan yang dijual di Thailand harus memenuhi standar Euro 5 pada tahun 2021. Sementara kendaraan hybrid dan plug-in hybrid harus menembus Euro 6.

Kantor Ekonomi Industri (OIE) Thailand memerintahkan produsen mobil dan importir kendaraan untuk bekerja keras agar tujuannya tercapai. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi tingkat asap dan partikel partikel PM2.5 di Thailand. Sebagian besar, partikel dilepaskan dari emisi gas buang kendaraan.

Thailand akan memberikan tenggat waktu dua tahun bagi produsen mobil untuk dipersiapkan dengan aturan Euro 5 dan Euro 6.

Saat ini, mobil penumpang dan pikap yang dirakit secara lokal di Thailand sudah memenuhi standar Euro 4. Dilaporkan, 11 model kendaraan ukuran sedang dan besar di Thailand sudah memenuhi Euro 5. Hanya bus dan truk bertenaga diesel yang masih Euro 3.

"Saya pikir sudah waktunya bagi semua lembaga terkait di negara ini untuk mengubah kebijakan lingkungan mereka. Dan standar Euro 5 dan 6 harus dilaksanakan dalam satu hingga dua tahun," kata Direktur Jenderal OIE Nattapol Rangsitpol. (rgr / ddn)