Jakarta –

Sturgis Motorcycle Rally merupakan salah satu ajang yang paling ditunggu para pengendara di Amerika Serikat. Tetap bertekad menggelar acara ini di tengah pandemi, ratusan orang kini positif Corona.

Sturgis Motorcycle Rally merupakan acara tahunan yang biasanya diadakan selama 10 hari. Untuk tahun 2020, acara kembali digelar di kota kecil yang terletak di Dacota Selatan, pada pertengahan Agustus lalu.

Dikutip dari CNN, setiap tahunnya acara tersebut bisa menjadi magnet bagi 500.000 orang untuk berkumpul dan nongkrong bersama menggelar berbagai kegiatan. Tahun ini jumlah peserta mencapai 460.000 kendaraan.

Sejak awal dikhawatirkan event tersebut akan menjadi pusat penyebaran baru virus corona. Para ahli khawatir bahwa orang yang datang dari berbagai bagian Amerika Serikat dapat menularkan virus, yang masih menjadi pandemi, satu sama lain.

Apalagi, menurut Camber Systems, perangkat yang merekam dan menganalisis pergerakan orang berbasis ponsel untuk alasan kesehatan, diketahui beberapa peserta Sturgis Motorcycle Rally berasal dari lokasi dengan angka positif korona positif sangat tinggi.

Kekhawatiran semakin parah karena selama pelaksanaan, banyak peserta yang terlihat tidak memakai masker. Berbagai kegiatan yang dilakukan bahkan tidak sesuai dengan protokol kesehatan. Ini dilaporkan oleh USA Today.

Beberapa minggu setelah acara, ratusan peserta dinyatakan positif COVID-19. Rapid City Journal menyebutkan, saat ini terdapat 236 kasus positif di berbagai negara bagian terkait Sturgis Motorcycle Rally.

Petugas kesehatan South Dakota mengumumkan pada awal Agustus bahwa seseorang yang bekerja di bidang tato dinyatakan positif COVID-19. Pekerja tersebut diyakini telah menyebarkan virus tersebut kepada orang-orang yang datang ke tokonya.

“Sebagai kota, tidak ada yang bisa kami lakukan. Kami tidak bisa memblokir jalan dan memasang tanda 'kamu tidak boleh masuk'. Tentu saja kita akan memiliki banyak orang di kota ini, meskipun tidak ada acara, "kata Daniel Ainslie, kepala area setempat.

Warga sekitar, melalui polling yang digelar, sebenarnya sudah menolak untuk menggelar acara tersebut. Namun, manajemen kota memutuskan untuk mempertahankannya.

Saksikan Video "Update Positif Covid-19 RI Per 9 Agustus: 125.396 Positif, 80.952 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(din / rgr)