Jakarta – Tidak menerima tiket dari polisi, Adi Saputra (20) secara membabi buta merusak Scoopy Honda yang ia kendarai bersama kekasihnya.

Honda Scoopy merah mengalami kerusakan parah. Karena motor itu terbanting berkali-kali, hingga menabrak batu yang cukup besar.

Jumlah komponen yang rusak tidak sedikit. Menurut pengamatan Service Advisor Honda TDM, Caman, Bekasi, Agung Budiono, ada sekitar 13 komponen yang rusak.

"Karena sepeda motor terbanting dan dihilangkan secara paksa, kerusakannya cukup banyak," kata Agung, ditemui detikOto, di Caman, Bekasi, Minggu (10/2/2019).

Menurut Agung, kerusakan pada Honda Scoopy yang dibuat antara 2013/2014 meliputi bodi depan kanan kiri, tutup lampu termasuk reflektor, tutup bodi depan depan, spatbor depan, tutup bawah assy bawah dan atas, bodi belakang kiri kanan, dan knalpot penutup.

Meskipun bagian-bagian mesin dan rangka aman, kerusakan dapat menyebar ke area kontrol, dalam hal ini bagian segitiga dan komstir.

"Segitiga itu sepertinya sudah menabrak. Karena motor itu terbanting cukup keras. Jadi bekas benturan segitiga mungkin akan salah," sambung Agung.

Berikut ini adalah daftar komponen dan daftar komponen Honda Scoopy Adi Saputra yang harus diganti.

Bodi belakang kanan: Rp. 378 ribu
Badan belakang kiri: Rp. 378 ribu
Tubuh kanan depan: Rp. 356 ribu
Badan depan kiri: Rp. 356 ribu
Penutup lampu: Rp. 201 ribu
Reflektor: Rp. 479 ribu
Fender depan: Rp. 263 ribu
Penutup knalpot: Rp. 75 ribu
Sampul bawah assy di bawah ini: Rp. 109 ribu
Tutup di bawah assy di atas: Rp. 140 ribu
Sampul depan bagian dalam: Rp. 365 ribu
Segitiga: Rp. 380 ribu
Komstir: Rp. 100 ribu

Secara total, biaya perbaikan juga cukup besar, Otolovers. Dapat mencapai IDR 3.580.000. Itu juga belum termasuk biaya pemasangan.

(lua / kering)