Jakarta – Pernahkah Anda mengalami gerakan yang tidak sejajar dengan penumpang sepeda motor ketika Anda ingin berbelok? Sehingga terasa berbatu saat bermanuver, ini karena pengendara sepeda motor tidak memperhatikan posisi duduk yang mempengaruhi gaya berkendara para pengendara.

Safety Driving Instructor yang dibina oleh Astra Honda Motor Hendrik menyarankan seorang pembonceng posisi duduk untuk memeluk dengan mengendarai untuk menyatukan distribusi berat yang akhirnya memaksimalkan keseimbangan ketika bermanuver.

Merasa tidak nyaman saat memeluk? Hendrik juga menyebutkan bahwa sebenarnya ada sabuk untuk penumpang. Fungsinya tetap sama dengan memanfaatkan bobot pengemudi sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko jatuh.

Posisi menunggang yang stabil membuat pengendara tidak lagi takut akselerasi dan tikungan. Biasanya, pebonceng sering tidak siap ketika manuver pengemudi tiba-tiba, mengakibatkan risiko terjatuh lebih besar.

Aplikasi alat ini juga cukup mudah, sehingga ikat pinggang akan dipasang di pinggang pengemudi. Di ikat pinggang ada pegangan untuk penumpang yang mengandalkan pengemudi di punggung bawah.

Pada dasarnya sabuk ini bertujuan memberi penumpang sesuatu yang aman untuk dipegang. Salah satu produk Grip N Gride, misalnya, memiliki satu set pegangan yang diposisikan di setiap sisi pinggang pengemudi.

Tertarik untuk meminta tangannya? Sayangnya Hendrik mengatakan bahwa saat ini alat tersebut tampaknya belum dipasarkan di Indonesia. Jadi jika Anda ingin berbelanja di luar, ya?

(riar / ddn)