Ketika memilih skateboard, kebanyakan orang fokus pada ukuran, panjang, traksi, dan desain keseluruhan. Meskipun ini semua adalah faktor penting, detail lainnya sering diabaikan, seperti roda skateboard. Roda tidak hanya membuat papan Anda berputar – mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga Anda di kaki saat Anda menangani medan yang berbeda.

Kebanyakan roda skateboard terbuat dari poliuretan, sejenis karet keras. Mereka dirancang untuk menahan gesekan tinggi dan kontak dengan permukaan kasar, seperti kotoran dan beton. Mereka datang dalam berbagai ukuran dan tingkat kekerasan, dan memilih roda yang tepat dapat sangat meningkatkan kinerja Anda.

Durometer

Kekerasan roda diukur dalam skala durometer A, dari 75a hingga 99a. Anda mungkin melihat skateboard bertanda 100a atau lebih tinggi, tetapi jangan tertipu – Skala A hanya naik hingga 99. Roda skateboard jalanan biasanya sangat keras, yang memungkinkan mereka melambat dengan cepat dan menyimpan energi saat Anda bergerak. Ini membuatnya cocok untuk trik dan lompatan. Hal yang sama berlaku dengan roda vert, yang sebagian besar digunakan pada landai, menanjak, dan kurva ke atas. Roda yang lebih lembut memberikan manuver dan kontrol kecepatan yang lebih baik, membuatnya ideal untuk balap slalom dan longboard.

Ukuran penting

Ukuran juga merupakan faktor penting ketika memilih roda skateboard. Sebagai aturan praktis, roda Anda harus sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Untuk remaja dan anak-anak, ukuran roda yang disarankan adalah 52 hingga 55 mm. Ukuran untuk orang dewasa harus 56 hingga 60 mm. Roda terkecil biasanya jenis roda jalan, yang berukuran 48 hingga 55 mm. Roda skateboard vert dan slalom berkisar antara 56 hingga 75 mm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here